Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dimulai Saat GMT, Festival Teluk Lalong Akan Digelar Tiap Tahun

Kompas.com - 10/03/2016, 17:21 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

LUWUK, KOMPAS.com - Warga Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menggelar Festival Teluk Lalong untuk menyambut peristiwa gerhana matahari total (GMT) pada Rabu (9/3/2016).

Festival seni budaya ini baru kali pertama diselenggarakan dan dibiayai oleh dana swadaya. Bupati terpilih Kabupaten Banggai Herwin Yatim menjanjikan akan menyelenggarakan Festival Teluk Lalong tiap tahunnya.

(BACA: Kegairahan Wisatawan Berburu Gerhana di Pantai Kilo Lima Luwuk)

Pasalnya, Teluk Lalong merupakan ikon Kota Luwuk dan Kabupaten Banggai.

"Eksekutif ke depannya akan menyuplai dana besar untuk pengembangan Teluk Lalong. Perencanaan menata Teluk Lalong, mulai dari sisi pelabuhan, ruang terbuka hijau, dan penataan kios usaha kecil," kata Herwin, di Festival Teluk Lalong.

Kemudian, lanjut dia, Teluk Lalong juga akan dikeruk dan membuat ikon kota itu menjadi lebih indah dibanding sebelumnya.

Menurut Herwin, program akan terlaksana jika disepakati oleh DPRD setempat. "Malu saya pas Festival Teluk Lalong tidak menyumbang," kata Wakil Bupati Banggai itu.

Adapun Teluk Lalong merupakan sebuah teluk yang berada di pusat kota dan berhadapan langsung dengan kantor pemerintahan setempat.

Festival Teluk Lalong baru diselenggarakan pertama kali di Luwuk untuk menyambut peristiwa GMT. Acara yang diselenggarakan mulai dari penampilan tarian adat khas Luwuk, silat tradisional, lomba menggambar, bakar ikan massal, hingga aksi bersih Teluk Lalong.

Festival Teluk Lalong dalam rangka menyambut GMT dibiayai dengan biaya swadaya, perusahaan swasta, perusahaan migas, BUMN, dan BUMD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com