Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca GMT, Wisatawan Mulai Meninggalkan Belitung

Kompas.com - 11/03/2016, 09:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Pasca gerhana matahari total (GMT), sejumlah wisatawan mulai meninggalkan Belitung, Bangka Belitung, sejak Kamis (10/3/2016). Hingga Jumat (11/3/2016) pagi, wisatawan mancanegara juga terpantau masih meninggalkan Belitung.

Petugas pemeriksaan pintu keberangkatan Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Yudiansyah Eka Saputra mengatakan, lebih dari 100 wisatawan mancanegara meninggalkan Belitung pada Kamis (10/3/2016) kemarin.

(BACA: Melancong ke Rumah Ahok di Belitung Timur)

"Kemarin itu ada 12 penerbangan. Hampir di semua penerbangan ada wisatawan mancanegara," kata Yudiansyah kepada KompasTravel di Bandara H.A.S Djanandjoeddin, Jumat (11/3/2016).

Petugas check-in maskapai penerbangan Citilink, Mezi Apriyanto juga mengatakan hal yang sama tentang kepulangan wisatawan mancanegara dari Belitung kemarin.

"Kemarin hampir ada 100 wisatawan mancanegara yang pergi pagi hari dengan penerbangan Citilink," ungkap Mezi.

(BACA: Turis Asing Heran, Belitung Indah tetapi Sepi Wisatawan)

Ia menambahkan, kemarin Kamis (10/32016), dominasi wisatawan asing selalu terlihat saat melakukan check-in untuk penerbangan menggunakan Citilink sejak buka pukul 06.00 WIB hingga tutup sekitar pukul 07.30 WIB.

Pantauan KompasTravel, sekitar 10 wisatawan mancanegara pergi meninggalkan Belitung menggunakan maskapai Citilink dengan nomor penerbangan QG 9534 menuju Jakarta dari Tanjung Pandan pukul 07.30 WIB.

Gerhana matahari total kemarin melewati di area Belitung melintasi jalur yakni Manggar, Tanjung Pandan, Sijuk, dan area di Belitung lain. GMT dimulai pada pukul 06.21 WIB, mengalami puncak gerhana matahari pada pukul 07.23 WIB, dan berakhir pada pukul 08.35 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com