Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Besar Jaring Wisatawan Malaysia

Kompas.com - 12/03/2016, 19:22 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS - Kementerian Pariwisata berupaya menarik sebanyak mungkin wisatawan asal Malaysia untuk berkunjung ke Indonesia.

Selama ini masih banyak warga Malaysia yang belum tahu bahwa di Indonesia terdapat banyak obyek wisata menarik, selain Bandung, Bali, dan Jakarta, yang telah dikenal.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan, sepanjang tahun 2015 ada 1,2 juta wisatawan asal Malaysia yang berkunjung ke Indonesia. Angka ini terbilang masih sedikit dibandingkan dengan jumlah total warga Malaysia yang di atas 35 juta jiwa.

”Kami masih punya peluang besar untuk mendatangkan mereka. Tahun 2016 ini targetnya 2 juta orang,” ujar Rizki dalam jumpa pers Wonderful Indonesia menjelang ajang Putrajaya International Hot Air Balloon Fiesta VIII di Putrajaya, Malaysia, Kamis (10/3/2016), seperti dilaporkan wartawan Kompas, Defri Werdiono.

Indonesia menjadi sponsor ajang Putrajaya International Hot Air Balloon Fiesta yang berlangsung 11-13 Maret dengan mengusung tema ”Indonesia Pop of Paradise” dan sponsor pada ajang Malaysian Association of Tour and Travel Agents Fair 2016 yang berlangsung bersamaan.

Menurut Rizki, pihaknya berupaya menggempur pasar Malaysia dari semua wilayah. Jika selama ini promosi banyak dilakukan di Kuala Lumpur, mulai kini sejumlah daerah, seperti Penang, Johor, Sabah, Selangor, dan Sarawak, akan dimasuki. Apalagi konektivitas dari daerah-daerah itu ke Indonesia telah terhubung.

KOMPAS.COM/RENI SUSANTI Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
”Yang disukai sekarang Bandung karena mereka senang makan dan belanja. Begitu pula Jakarta karena mereka senang golf, kita punya caddy dan lapangan golf yang bagus. Mereka belum banyak yang ke Batam, padahal dekat dengan Johor dan daerah menarik lainnya yang dekat dengan Malaysia,” tuturnya.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata berupaya mendorong agar warga Malaysia bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Kementerian juga meminta kepada daerah, seperti Batam dan Bintan, memiliki paket wisata tujuan keluarga. Pihaknya juga menawarkan daerah-daerah lain, seperti Lombok di Nusa Tenggara Barat, Malang dan Bromo di Jawa Timur, serta banyak daerah lain di Tanah Air.

Trigustono Supriyanto, Minister Counsellor Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia, berharap warga Malaysia bisa mendukung pariwisata di Indonesia. Indonesia dan Malaysia satu rumpun, bahkan banyak penduduk Malaysia yang merupakan keturunan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com