Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilannya Serupa di Indonesia, tetapi Ini Cita Rasa Khas Belgia

Kompas.com - 15/03/2016, 18:37 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Belgia, selain terkenal denga cokelatnya, juga penghasil bahan makanan terbaik dunia, di antaranya susu, kentang, roti, dan sayur-sayuran segar. Sehingga Belgia memiliki olahan makanan yang bergam, seperti Indonesia.

Tapi, tentunya setiap negara memiliki citarasanya masing-masing. Jika Anda bepergian ke Belgia, bersiaplah menikmati makanan dengan penampilan yang hampir serupa, tapi memiliki cita rasa yang berbeda.

Dari segi makanan pokok, di Belgia menggunakan kentang yang terkenal di dunia, hingga dijuluki The Land of Fries. Kentang di sini, memiliki beragam keunggulan dibanding kentang lain di dunia.

(BACA: Ini Rahasia Kelezatan Cokelat Belgia...)

“Kentang di Indonesia mengandung banyak air dan manis,” ujar Nic Vanderbeeken Executive Chef CasCades Restaurant, Viceroy Bali, yang berasal dari Belgia kepada KompasTravel, saat kunjungannya bersama para chef lain, produsen pangan, dan Putri Belgia dalam Misi Ekonomi Belgia di Pulman Hotel, Senin (14/3/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Putri Astrid sang putri Belgia sedang mencicipi masakan khas Belgia yang dimasak di Indonesia, saat kunjungannya dalam Misi Ekonomi Belgia di Pulman Hotel, Senin (14/3/2016).

Tanah di Belgia membuat kentang tumbuh dengan sedikit kadar air dan sedikit gula di dalamnya. Sehingga memiliki tekstur “crunchy” dan tidak mudah layu setelah digoreng. Sumber daya alamnya yang bagus, membuat negara ini menjadi salah satu pengekspor kentang terbaik di dunia, diantaranya ke benua Amerika, dan Eropa.

Sama seperti di Indonesia, Belgia memiliki beragam masakan tradisional yang sepintas terlihat kaya akan rempah seperti di Indonesia. Ada Belgian Bitterballen, Tomatoes Stuffed, Kidneysa la Liegeoise dan yang lainnya, semuanya nampak kaya akan rempah, tapi ternyata mereka tidak terbiasa menggunakan banyak rempah.

Alam mereka yang subur, tidak dikaruniai beragam rempah seperti di Indonesia. Oleh karena itu masakan di Belgia lebih menggunakan campuran saus-saus atau sari buah sebagai penyedap rasanya. Seperti mustard, butter, ekstrak aple, anggur, wine dan beer.

Oleh karena itu, jangan pernah mencari makanan pedas disana. Mereka tidak terbiasa bahkan tidak menyukai pedas. Cita rasa mereka lebih suka makanan asam, hasil dari beragam saus, juga sayur dan buah-buahan mereka yang cenderung asam “pickle”.

Sayuran mereka pun seringkali dibuat acar, seperti lalapan di tanah Sunda, Indonesia, tapi memiliki cita rasa asam yang kuat.

“Kita tidak terbiasa pedas, karena tidak menggunakan banyak bumbu. Ciri khas kita ada di rasa asam yang dihasilkan dari beragam saus dan sayuran acar. Selain asam, rasanya cenderung mild,” ujar Nic Vanderbeeken.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Strauberry Cheese Cake Bites ala Belgia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com