Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cokelat Indonesia Bisa Lebih Terkenal dari Belgia...

Kompas.com - 17/03/2016, 03:19 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda, jika salah satu pengolah cokelat terbaik dunia yaitu Belgia memperoleh biji kakao terbaiknya dari Indonesia?

Stephen Vandeparre, salah satu chef atau perajin cokelat dari Belgia ,saat kunjungannya bersama para chef lain, produsen pangan dan Putri Belgia dalam Misi Ekonomi Belgia di Pulman Hotel, Senin (14/3/2016), mengatakan Indonesia harusnya bisa lebih baik dan terkenal cokelatnya dari Belgia.

Chef spesialis chocolate dessert dan ice cream asal Belgia tersebut mengatakan seperti itu karena Indonesia memiliki beberapa keunggulan dalam hal cokelat dibanding Belgia. Indonesia memilki sumber cokelat terbaik dan terbanyak kedua di dunia, sedangkan Belgia harus mengimpor cokelat dari berbagai negara, salah satunya Indonesia.

KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Stephen Vandeparre, seorang Chocolatier atau perajin cokelat asal Belgia sedang demo memasak dalam kunjungan Misi Ekonomi Belgia ke Indonesia, di Pulman Hotel, Senin (15/3/2016).
Vandeparre menambahkan, di Belgia sendiri harga cokelat sangat lah mahal. Dapat dibayangkan setelah diolah dan siap jual, cokelat dengan kualitas terbaik dapat berlipat-lipat harganya.

“Cokelat belgia sebenarnya tidak ada yang spesial. Hanya kami mempunyai penyajian, pengolahan dan teknologi yang bisa membuatnya spesial,” ujar Vandeparre, kepada KompasTravel, saat demo masak dalam kunjungan Misi Ekonomi Belgia ke Indonesia, di Pulman Hotel, Senin (15/3/2016).

Chocolatier atau perajin cokelat di Belgia pun sangat dihargai, dan dibayar mahal, karena keahlian dan karyanya. Jika Indonesia bisa lebih konsern untuk mempelajari teknik cokelat, Vandeparre berpendapat cokelat Indonesia bisa lebih terkenal dan menghasilkan banyak keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com