Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Kerja di Australia? Tersedia 36.000 Lowongan Sektor Pariwisata

Kompas.com - 18/03/2016, 19:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong menyatakan, saat ini Australia menyediakan 36.000 lowongan pekerjaan di bidang pariwisata dan perhotelan.

"Menteri Perdagangan dan Investasi Australia Steve Ciobo datang ke saya dan mengatakan hal tersebut," tutur Lembong di Hotel Intercontinental, Melbourne, Australia, Kamis (17/3/2016). Demikian pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

(Baca: Jangan "Ngobrol" di Ponsel Saat Pesan Kopi di Melbourne)

Lembong mengatakan, menurut Ciobo, jumlah lowongan pekerjaan tersebut besar karena nilai mata uang Australia melemah akibat kebijakan devaluasi nilai mata uang Yuan, China. Saat ini, nilai tukar dollar Australia sudah melemah 30 persen.

"Sektor pariwisata mereka melejit, tetapi kekurangan tenaga kerja. Steve Ciobo tertarik sekali dengan tenaga kerja Indonesia untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut," ujar Lembong.

(Baca: "Tergila-gila" Cahaya? Jangan Lewatkan Pestanya di Sydney!)

Ketertarikan Australia tersebut, lanjut Lembong, dilatarbelakangi letak geografis Indonesia dan Australia yang relatif dekat, dan pekerjaan tersebut dapat dikategorikan sebagai pekerjaan musiman atau hanya 3-4 bulan.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Dari geladak terbuka di kapal John Cadman II ikon Australia, Gedung Opera dan Jembatan Harbour terlihat sangat jelas.
Artinya, pekerja Indonesia dapat kembali ke Tanah Air tanpa menunggu habisnya waktu kontrak kerja yang lama.

"Hal tersebut tidak mungkin dipenuhi oleh mitra dagang yang jauh dari Australia, seperti Timur Tengah atau Eropa," ujar Lembong.

Dia mengharapkan, kesempatan tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di Negeri Kanguru ini dapat menjadi salah satu penguat tonggak hubungan ekonomi Indonesia dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com