Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DIY Targetkan 50.000 Wisatawan Saksikan Jogja Air Show 2016

Kompas.com - 19/03/2016, 23:42 WIB
BANTUL, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 50.000 orang selama sepekan sehubungan dengan pergelaran olahraga dirgantara "Jogja Air Show" di Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, 25-27 Maret 2016.

"Kami baca statistik jumlah pengunjung Pantai Parangtritis per minggu sekitar 20.000 wisatawan tanpa event sehingga kami analogikan bisa targetkan sekitar 50.000 wisatawan karena ada 3 hari libur panjang akhir pekan," kata Kasi Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata DIY Arya Nugrahadi di Bantul, Jumat (18/3/2016).

Menurut Arya, Jogja Air Show 2016 merupakan kegiatan tahunan Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (FASI) DIY bersama Dinas Pariwisata DIY dan Pemkab Bantul. Tahun 2016, kegiatan tersebut menggabungkan antara aspek olahraga dirgantara dan olahraga umum serta pariwisata dengan tema "Pelangi Nusantara Jogja Air Show".

Arya mengatakan bahwa target kunjungan wisatawan ke Pantai Depok yang satu paket dengan Parangtritis selama sepekan ketika ada kegiatan Jogja Air Show bukan angka yang fantastis, mengingat pada acara yang sama tahun sebelumnya mampu menyedot kunjungan wisatawan pantai.

"Kami sih optimistis target itu bisa tercapai karena kan kegiatan Jogja Air Show digelar di obyek wisata. Kalau di daerah lain, kan tidak di obyek wisata. Makanya ini bisa menambah keistimewaan DIY sehingga kunjungan ke pantai selatan makin banyak," katanya.

Menurut Arya, kegiatan Jogja Air Show di Pantai Depok dan Parangtritis bagi masyarakat dan wisatawan yang menyaksikan tidak dipungut biaya. Akan tetapi, untuk masuk ke lokasi penyelenggaraan pengunjung terlebih dahulu membayar retribusi di pintu gerbang atau tempat pemungutan retribusi (TPR).

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengguna pesawat ringan jenis trike terbang di atas kawasan Pantai Depok, Bantul, DI Yogyakarta, dalam acara Jogja Air Show 2015, Sabtu (14/3/2015). Kegiatan tahunan tersebut digelar untuk mendorong perkembangan olahraga dirgantara serta sektor pariwisata di Kabupaten Bantul.
"Wisatawan yang masuk ke kawasan pantai harus melewati gerbang retribusi terlebih dahulu sehingga nanti di pos pemungutan retribusi Pantai Depok kita data sejak awal pekan sampai dengan Minggu (27/3) malam, dan hasilnya akan kami evaluasi," katanya.

Jogja Air Show 2016 akan dimeriahkan dengan pertunjukan FASI static show, aero shop, dan berbagai pertunjukan dan lomba-lomba, seperti terjun payung, paralayang, gantole, paramotor, aeromodelling, sepatu roda, dan foto dirgantara.

"Peserta atlet-atlet berasal dari dalam negeri dan luar negeri, di antaranya Malaysia, Filipina, Thailand, Korea Selatan, dan Australia. Sampai saat ini peserta yang sudah masuk sebanyak 374 atlet," kata Ketua Pelaksana Jogja Air Show 2016 Morris Tumpal Situmarong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com