Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pesta Durian Jakarta ini Akan Hadirkan Durian Merah

Kompas.com - 22/03/2016, 19:00 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta Durian dari berbagai daerah nusantara akan digelar di Jakarta, tepatnya di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, pada 2 - 10 April 2016. Pesta Durian ini menghadirkan berbagai jenis durian merah yang menjadi unggulan Indonesia.

Seperti yang disampaikan marketing Urban Green Festival Kiki Fadhilah bahwa pihaknya ingin memenuhi permintaan masyarakat ibu kota terhadap durian merah unggulan yang menjadi salah satu ikon durian Indonesia.

“Kami mengadakan berbagai acara yang menyertakan durian merah. Hal tersebut mengingat saat acara di Blok M sebelumnya banyak pengunjung yang penasaran dengan sosok durian merah,” ujar Kiki kepada KompasTravel saat dihubungi, Selasa (22/3/2016).

Ia menambahkan pada acara tersebut akan ada talkshow bertajuk "Potensi durian Merah Sebagai Ikon Durian Nusantara", yang akan diselenggarakan pada hari pertama, Sabtu (2/3/2016) pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Reza Tirtawinata dari Yayasan Durian Nusantara bersama Eko Mulyanto dari tim riset durian merah akan menjadi pembicara dalam talkshow tersebut.

Selain itu ada bursa durian unggulan tersebut, dengan harga mulai dari Rp 75.000 tiap satu kilogramnya. Pengunjung juga dapat membeli bibit atau yang sudah menjadi pohon durian merah di sana.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ratusan pengunjung memadati acara Durian Fair 2016 di Blok M Square, Jakarta, Sabtu (27/2/2016). Pengunjung bisa menemukan sekitar 20 jenis durian unggul dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selain itu juga makanan berbahan durian antara lain pancake, es krim dan sup durian.
Sedangkan yang ingin menikmati hidangan olahan durian dapat mendatangi kawasan Serdadu atau Serba dari Durian yang menyediakan menyuguhkan berbagai olahan durian seperti es krim, pancake, sop, jus, keripik, dan yang lainnya.

“Durian merah sendiri ada lebih dari 60 jenis yang terdapat di Banyuwangi dan sekitarnya. Sedangkan dalam Pesta Durian ini kemungkinan akan ada sekitar lima jenis yang dihadirkan,” ujar Kiki.

Sedangkan panitia masih menunggu koordinasi dengan daerah penghasil, jenis apa saja yang akan dikeluarkan baik durian merah maupun berbagai jenis durian dari daerah lainnya.

Selain durian merah, acara yang diselengarakan salama satu minggu lebih tersebut menghadirkan puluhan jenis durian unggul dari berbagai daerah. Di antaranya Bogor, Pandeglang, Semarang, Magelang, Wonosobo, Banjarnegara, dan Banyuwangi.

Sedangkan untuk masuk ke acara Pesta Durian tersebut, pengunjung tidak dikenakan biaya. Dengan target pengunjung sebanyak 65.000, panitia berharap acara tersebut lebih meriah dan menghadirkan durian-durian yang banyak dicari masyarakat dibanding acara sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com