Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Ini, Pesta Durian Kembali Digelar Lebih Meriah di Jakarta

Kompas.com - 23/03/2016, 05:27 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesta durian dari berbagai daerah nusantara kembali digelar di Ibu Kota, tepatnya di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, pada 2-10 April 2016.

Pesta durian tersebut diklaim akan digelar lebih besar dan meriah. Seperti dikatakan marketing Pesta Durian Kiki Fadhilah, ada beberapa daerah tambahan yang mengikuti festival seperti, Magelang, Wonosobo, dan Banyuwangi.

“Kali ini penjual duriannya saja ada 14 dari berbagai daerah, yang kami tempatkan di lahan yang lebih luas yaitu di parkir loby utama Mall Artha Gading,” ujar Kiki saat dihibungi KompasTravel, Selasa (22/3/2016).

Acara yang diselenggarakan selama satu minggu lebih tersebut menghadirkan puluhan jenis durian unggul dari berbagai daerah. Di antaranya Bogor, Pandeglang, Semarang, Magelang, Wonosobo, Banjarnegara, dan Banyuwangi.

Harga durian yang dijual tersebut mulai dari Rp 75.000 tiap kilogram. Sedangkan jenis durian apa saja yang dikeluarkan dari daerah tersebut, panitia masih menunggu koordinasi dari berbagai daerah.

Selain menjual berbagai durian unggul, terdapat juga bazar 'serba dari durian' (Serdadu), yang menyuguhkan berbagai olahan durian seperti es krim, pancake, sop, jus, keripik, dan yang lainnya.

Bursa tanaman dan bibit-bibit unggul durian pun tetap diadakan dalam pesta durian kali ini. Panitia menambahkan bibit tanaman yang ditampilkan akan lebih lengkap dari yang sebelumnya, termasuk bibit durian merah.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Mencicipi kelezatan durian Si Pandan dalam acara Duren Fair 2016 di selasar A blok M square.
Berbeda dengan pesta durian sebelumnya yang berlangsung pada akhir bulan Februari, April nanti pesta durian tidak dilengkapi degan kontes lomba durian.

Namun panitia sendiri menggantinya dengan berbagai kegiatan seperti talkshow potensi durian merah sebagai salah satu unggulan Indonesia.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Trubus Cipta Swadaya bekerja sama dengan Yayasan Durian Nusantara, selaku organisasi pemerhati durian lokal.

Reza Tirtawinata dari Yayasan Durian Nusantara bersama Eko Mulyanto dari tim riset durian merah akan menjadi pembicara di talkshow bertajuk ‘Potensi Durian Merah sebagai Ikon Durian Nusantara’. Talkshow tersebut diadakan hanya pada hari pertama, Sabtu (2/4/2016) pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke acara pesta durian tersebut. Dengan target pengunjung sebanyak 65.000 orang, panitia berharap acara tersebut lebih meriah dan menghadirkan durian-durian yang banyak dicari masyarakat pada acara sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com