Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Lokasi Penyelaman di Sekitar Kota Ternate

Kompas.com - 02/04/2016, 18:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jauh dari pusat kota, Ternate juga punya titik-titik yang bisa diselami. Tercatat lebih dari 17 titik selam bisa dicapai dari pinggir pantai.

Salah satu instruktur selam dari Dodoku Dive Center, Ariawan Usman menyebutkan titik-titik selam tersebut seperti spot Al-Munawar, Taman Nukila, Pelabuhan Ahmad Yani, I Love Ternate, Dodoku Ali, dan beberapa titik selam lain.

"Itu yang unik memang menyelam di Ternate. Ada titik selam di sekitar Kota Ternate yang tak jauh dari kota," kata Ariawan saat ditemui KompasTravel di pameran wisata Deep & Extreme Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center, Sabtu (2/4/2016).

Di titik-titik tersebut, wisatawan juga bisa melihat aneka soft coral dan hard coral dengan ikan-ikan kecil. Seperti Taman Nukila, wisatawan juga bisa melakukan penyelaman kapal tenggelam (wreck dive).

"Itu kapal tenggelam milik pemeritah daerah Maluku Utara. Nah kalau di spot Al Munawar, (wisatawan) bisa menyelam di belakang masjid, " jelasnya.

Ariawan menyebutkan dari Bandara Sultan Babullah, titik-titik selam tersebut berada di Kecamatan Ternate Tengah. Tentunya, jika ingin menyelam di sana bisa dicapai menggunakan mobil atau kendaraan sebelum menuju pantai dan memulai penyelaman.

Kepala Seksi Jaringan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku Utara, Kris menyebutkan titik-titik penyelaman di Maluku Utara berjumlah lebih dari 17 titik.

Wisatawan yang datang ke Kota Ternate tak akan kesulitan untuk mencapai titik-titik penyelaman itu. "Misalnya yang lain ada Benteng Kota Janji. Di sana struktur batuan bawah lautnya seperti pinacles," ucap Kris.

Untuk menuju Ternate dari Jakarta bisa ditempuh melalui jalur udara dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sultan Babullah. Pesawat yang melayani rute Jakarta-Ternate antara lain Garuda, Lion Air, dan Sriwijaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com