Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Destinasi Wisata Indonesia Dipromosikan di Korea

Kompas.com - 07/04/2016, 14:09 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata melalui program promosi "Wonderful Indonesia" memperkenalkan 10 destinasi wisata Indonesia di Korea Selatan.

"Bagi masyarakat Korea, Bali merupakan nama yang populer. Kemenpar mempunyai program 'Beyond Bali' dan kami sudah mempersiapkan daerah-daerah wisata lain. Kami memperkenalkan daerah-daerah ini kepada masyarakat Korea serta menampilkan tarian-tarian daerah," kata Wakil Direktur Misi Penjualan untuk Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jordi Paliama, di Seoul baru-baru ini.

(BACA: Kemenpar Bidik 400.000 Wisatawan Korea)

Sepuluh daerah wisata yang dipromosikan oleh Kemenpar adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Gunung Bromo dan Semeru (Jawa Timur), Pantai Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Pulau Morotai (Maluku Utara).

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Sekolah Maritim Suku Bajo di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Jumat (8/8/2015).
Menurut Jordi, 10 destinasi wisata ini akan dipecah ke dalam tiga sub bagian yaitu pariwisata golf, pariwisata pesiar, dan pariwisata menyelam.

Jordi menjelaskan, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata ini lewat tiga pusat wisata yakni Greater Jakarta (Jakarta Raya), Greater Batam (Batam Raya), dan Greater Bali (Bali Raya).

(BACA: April di Jakarta, Nonton Kompetisi Seni Pahat Es ala Festival Korea)

Pemerintah menargetkan jumlah wisatawan Korea di atas 400.000 orang pada 2016. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 11 persen dari target tahun lalu sebesar 360.000 wisatawan.

KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH Para penari caci mempersiapkan diri.
"Jumlah ini belum terlalu besar karena Korea baru mulai pulih dari wabah MERS. Kami optimistis target ini tercapai karena tahun ini warga Korea Selatan mendapatkan pelayanan bebas visa ke Indonesia. KBRI di Seoul mengatakan setiap hari 300 orang mengajukan visa ke Indonesia," ujar Jordi.

Sementara itu, menurut Pendiri Busan Indonesia Center Kim Soo-Il, selama ini masyarakat Korea mengenal Indonesia karena pertumbuhan ekonomi di negara kepulauan terbesar di dunia tersebut di mana banyak perusahaan Korea Selatan yang membuka cabangnya.

"Namun dari segi budaya dan pariwisata, masih banyak warga kami yang buta akan potensi Indonesia," ujar Soo-Il.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Warga menyewakan jasa kuda untuk naik ke Gunung Bromo di Probolinggi, Jawa Timur, Minggu (13/11/2011). Gunung Bromo merupakan gunung api aktif yang ada di kaldera Tengger. Gunung ini menjadi tujuan wisatawan dalam maupun mancanegara.
Oleh karena itu, upaya memperkenalkan tujuan wisata Indonesia, selain Bali, kepada masyarakat Korea Selatan terus digalakkan oleh Kemenpar melalui berbagai kegiatan yang antara lain adalah promosi langsung melalui program "Wonderful Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com