Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesir ke Pemalang, Cocok untuk Wisata Spritual

Kompas.com - 07/04/2016, 18:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisata spritual menjadi tujuan utama wisatawan nusantara (wisnus) saat datang ke Kabupaten Pemalang. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pemalang, Junaedi usai acara Dialog Bersama Wartawan di Jakarta, Kamis (7/4/2016) siang.

“Di sana (Pemalang) kan banyak makam orang pintar. Rata-rata mereka berziarah ke makam-makam tersebut. Wisata spritual itu yang terbanyak,” ujar Junaedi.

Makam-makam yang dikunjungi seperti Syekh Maulana Syamsuddin, Syekh Antasi, Sigeseng, dan makam-makam keramat lain. Lokasi makam-makam tersebut tersebar di beberapa lokasi seperti di Desa Pesantren, Desa Kendal Rejo, Kecamatan Watu Kumpul, dan lokasi-lokasi lain.

“Yang biasanya banyak datang berziarah itu dari Cirebon, Bandung, Tegal dan daerah-daerah di sekitar Pemalang,” tambahnya.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Bupati Pemalang, Junaedi
Selain itu, Junaedi juga menjelaskan, Pemalang juga dikenal dengan situs-situs yang dianggap keramat. Salah satu petilasan yang juga sering dikunjungi oleh turis dari luar Pemalang adalah di Gunung Mendelem.

"Situs Gunung Mendelem juga itu menarik buat orang-orang yang punya kepercayaan tertentu," tutur laki-laki kelahiran Pemalang tersebut.

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Dari Semarang, Kabupaten Pemalang berjarak kira-kira 135 kilometer ke arah barat.

Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah sebesar 1.115,30 kilometer persegi. Di sebelah utara, Pemalang berbatasan dengan Laut Jawa, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga dan di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com