Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Alasan Kenapa Penutup Jendela Pesawat Harus Terbuka

Kompas.com - 12/04/2016, 21:09 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat naik pesawat terbang, biasanya ada instruksi-instruksi yang disampaikan awak kabin ke penumpang yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah saat pesawat akan lepas landas dan mendarat, penumpang akan diminta untuk membuka penutup jendela.

Apakah alasan di balik instruksi tersebut? Pengamat penerbangan, Chappy Hakim, mengatakan, instruksi tersebut berkaitan dengan faktor keamanan dalam penerbangan.

Menurut dia, ketika pesawat akan lepas landas atau mendarat, hal itu adalah fase kritis dalam sebuah penerbangan.

"Fase kritis itu adalah kemungkinan pesawat akan mengalami kecelakaan. Instruksi itu untuk membantu penumpang jika dalam keadaan emergency," kata Chappy saat dihubungi KompasTravel, Senin (11/4/2016).

Instruksi membuka penutup jendela pesawat akan memudahkan pencahayaan masuk ke dalam pesawat. Selain itu, dengan membuka penutup jendela, penumpang juga bisa melihat keadaan di luar pesawat jika mengalami keadaan darurat seperti kecelakaan.

"Itu dalam rangka safety. Kalau kaca jendela tertutup, bagaimana kita mau melihat keluar jika terjadi kecelakaan," ujar Chappy.

Menurut dia, pengaplikasian instruksi membuka penutup kaca jendela itu penting, terutama jika terjadi masa kritis, seperti terjadi ban pesawat tergelincir, pendaratan tidak sempurna, dan berbagai macam skenario terburuk lain dalam penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com