Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Weekend Yuk! Saatnya Ekowisata di Puncak

Kompas.com - 16/04/2016, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, kawasan Puncak, Jawa Barat begitu menggugah dengan panorama alamnya yang memanjakan mata. Kawasan puncak memang menjadi wisata favorit bagi wisatawan.

Selain jaraknya yang dekat dari Jakarta, kawasan Puncak juga memiliki beragam destinasi wisata. Salah satunya wisata alam yang bisa pilihan untuk berakhir pekan.

ARSIP KOMPAS TV Curug Cilember di kawasan Puncak, Jawa Barat.
1. CURUG CILEMBER

Curug Cilember, salah satu destinasi yang wajib anda coba. Dari ketinggian 700 hingga 1.100 mdpl kita dapat merasakan sejuknya alam dengan vegetasi hutan hujan tropisnya.

Curug Cilember merupakan kawasan wisata alam yang mengusung konsep ekowisata, yang artinya kegiatan  wisata lingkungan dan mengedepankan aspek konservasi alam. Di dalamnya kita bisa camping, dan melakukan aktivitas outdoor.

ARSIP KOMPAS TV Taman Kupu-kupu di kawasan Curug Cilember, Puncak, Jawa Barat.
Taman Kupu-Kupu

Taman kupu-kupu masih berada di dalam satu kawasan Curug Cilember. Bangunan kubah berjaring ini menjadi tempat penangkaran kupu-kupu yang terdiri dari sekitar 12 spesies.

Selain taman, ada juga laboratorium di mana kita bisa bertanya kepada petugas untuk menjelaskan proses metaforfosis dari ulat hingga menjadi kupu-kupu dewasa.

Curug 7 Cilember

Curug 7 Cilember ini adalah salah satu dari tujuh curug yang ada di Cilember. Tingginya kurang lebih sekitar 20 meter. Sumber air yang berasal dari perbukitan Hambalang ini membuat air ini terasa sangat sejuk dan segar.

ARSIP KOMPAS TV Curug Cilember di kawasan Puncak, Jawa Barat.
Air terjun ini merupakan yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang paling dekat. Untuk mencapai ke curug lainnya perlu menjejaki trek yang tidak ringan.

Jadi bagi anda yang suka dengan tantangan dan alam, patut mencobanya hingga air terjun teratas atau curug 1 dan 2 yang jaraknya sekitar 1,5 jam berjalan kaki dari curug 7.

ARSIP KOMPAS TV Menyantap kuliner di Roofpark Café and Restaurant, kawasan Puncak, Jawa Barat.
2. KULINER DI ROOFPARK

Selain wisata alam, kawasan puncak juga menghadirkan beragam kuliner yang wajib anda coba. Salah satunya di Roofpark Café and Restaurant.

Roofpark ini mengusung konsep taman yang berada di rooftop dengan  tujuan untuk bisa menghirup udara khas pegunungan. Selain menikmati alam, anda juga bisa berfoto di area outdoor-nya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com