Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Kartini Tak Hanya di Sekolah, Uniknya "Kartinian" di Pesawat

Kompas.com - 21/04/2016, 14:13 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Tiga penumpang perempuan di penerbangan AirAsia QZ 7520 rute Jakarta-Denpasar menggunakan kebaya berlenggak-lenggok bak model di catwalk, Kamis (21/4/2016). Ketiganya mengikuti kuis dalam acara Kartini Flight di penerbangan bertipe Airbus A320 tersebut.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, AirAsia mengadakan acara Kartini Flight dengan penerbangan Jakarta ke Denpasar, Bali. Selama satu setengah jam penerbangan tersebut, penumpang disuguhkan beberapa acara bertemakan Kartini.

Nita, salah satu penumpang asal Jakarta, memenangkan kuis dengan pertanyaan seputar Kartini. Ia menjawab buku kumpulan surat yang dikirim Kartini ke sahabatnya di Belanda berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Selain itu, tiga penumpang terpilih mengikuti kegiatan fashion show menggunakan kebaya yang disediakan awak kabin. Ketiga perempuan asal Jakarta tersebut berlenggok dari depan hingga tengah kabin, dengan balutan kebaya.

Khusus penumpang perempuan dalam penerbangan ini mendapatkan bingkisan menarik berupa kacamata hitam dan Air Asia BIG Card semacam program miles yang dapat dikumpulkan penumpang.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kru cabin, dan pilot perempuan bersama grup "Mami Kece", berfoto seusai kartini flight di pesawat Airbus A320.Kru cabin, dan pilot perempuan bersama grup "Mami Kece", berfoto seusai kartini flight di pesawat Airbus A320.
Kapten Monica, dalam penerbangan tersebut mengatakan, acara yang telah diselenggarakan dua tahun belakangan ini merupakan apresiasi dari AirAsia bagi para perempuan di Hari Kartini.

"Acara menyambut Hari Kartini ini udah dua tahun belakangan dilaksanakan. Tahun ini ditambah kehadiran 'tiga mami kece' sebagai pemandu rangkaian acara kita," ujar Monika, Rabu (21/4/2016).

Tiga Mami Kece yang beranggotakan Ivy Batuta, Cisca Becker, dan Ajeng Hendarmin menghibur penumpang dengan candaan khas mereka sembari memandu jalannya rangkaian acara.

Nita, penumpang yang akan berlibur di Bali bersama anak perempuannya mengaku baru pertama kali naik penerbangan AirAsia.

"Saya baru pertama kali naik AirAsia dan langsung ada acara seperti ini. Menurut saya bagus sih acaranya, mengingatkan kita perjuangan emansipasi wanita," ujar Nita, pada KompasTravel, Rabu (21/4/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com