Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejuta Wisatawan Ditargetkan Berkunjung ke Sabang

Kompas.com - 29/04/2016, 10:03 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Provinsi Aceh menargetkan satu juta wisatawan berkunjung ke Sabang, Pulau Weh, pada tahun 2017. "Untuk tahun depan ditargetkan satu juta wisatawan berkunjung ke Sabang. Kami berharap target tersebut terpenuhi," kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh, Rabu (28/4/2016).

Untuk memenuhi target tersebut, menurut Zaini, Provinsi Aceh maupun pemerintah daerah setempat serta instansi terkait lainnya terus berupaya mempromosikan pariwisata Sabang, Pulau Weh.

Gubernur mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan membuahkan hasil.

Pada tahun 2013 jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang berkisar 450 ribu orang. Jumlah ini meningkat menjadi 500 ribu wisatawan pada tahun 2014. Jumlah kunjungan melonjak menjadi 700 ribu orang pada tahun 2015.

"Lonjakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sabang tidak terlepas dari hadirnya penerbangan langsung Medan-Sabang. Serta kondisi Aceh yang semakin kondusif," katanya.

Selain itu, semakin banyaknya kunjungan kapal pesiar yang membawa ribuan wisatawan turut memberi kontribusi bertambahnya jumlah pengunjung ke Sabang.

SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR Kapal Pesiar MS Artania.
"Hingga April ini saja sudah ada 11 kapal pesiar singgah di Sabang sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke negara lain. Ini tentu menggembirakan bagi pengembangan pariwisata Sabang," kata Zaini.

Pemerintah, sebut Zaini Abdullah, menetapkan Pulau Weh dan sekitarnya sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Penetapan ini memastikan bahwa pemerintah berkomitmen memajukan pariwisata Sabang, Pulau Weh.

"Karena itu, kami mengajak Pemerintah Kota Sabang dan seluruh masyarakat memperlihatkan sikap sebagai tuan rumah yang baik, sehingga wisatawan nyaman berkunjung ke pulau itu," kata Zaini Abdullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com