Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Jelajah Toba dengan Bersepeda

Kompas.com - 29/04/2016, 13:05 WIB

DANAU Toba menyimpan sejuta wisata. Keindahan Danau Toba memiliki daya pikat sendiri hingga wisatawan penjuru kota hingga negara datang karena penasaran.

Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, menjadi sudut terbaik yang paling diminati dan dikunjungi wisatawan.

Wisata sekadar berkeliling danau mungkin kurang menantang. Ada paket wisata jelajah Geo Bike Toba untuk memenuhi hasrat wisata jelajah dengan cara berbeda dan memacu adrenalin.

Marwan Syahputra, pemilik tur wisata Sohib Nature menyediakan beberapa paket Cycling Trip di Kawasan Geopark Kaldera Toba.

Ada Paket Ekonomis 1 hari dengan biaya paket sepeda dan helm Rp 350.000 atau Rp 25.000 jika membawa sepeda sendiri.

Harga tersebut sudah termasuk transportasi (pick up, sepeda di atas dan pesepeda di bawah), guide, tim marshall, mekanik, makan siang, coffee break, perlengkapan P3K, retribusi, perizinan, dokumentasi kegiatan.

Ada juga paket 2 hari 1 malam. Harga paketnya sebesar Rp 1,3 juta jika bawa sepeda sendiri atau Rp 1.450.000 sudah termasuk sewa sepeda dan helm.

Fasilitasnya antara lain transportasi mobil atau mimi bus, guide, tim marshall, mekanik, penginapan (hot water dan ada koneksi internet dengan Wifi), konsumsi 5 kali makan, coffee break, perlengkapan P3K, retribusi, perizinan, dokumentasi kegiatan.

"Untuk libur panjang ada paket ekonomis 3 hari 2 malam, biaya paket sepeda dan helm Rp 1,450 juta atau Rp 1,3 juta jika membawa sepeda sendiri," jelasnya.

Menurut Bani, peserta jelajah tersebut, "Enjoy Danau Toba" tidak melulu soal melihat pemandangan atau naik sampan bebek. Tetapi bisa juga dengan kegiatan yang menantang dan menyusuri tiap sudut terbaiknya dari desa-desa di Samosir.

"Medannya cocok untuk naik sepeda gunung, yang hobi naik sepedaan trip ini sangat cocok untuk diikuti tapi kalau untuk awam mungkin harus latihan minimal sebulan untuk pemanasan dan pertahanan fisik," jelasnya. (Tribun Medan/Silfa Humairah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com