Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampir di Padepokan Bagong Kussudiarja, Lokasi AADC? 2

Kompas.com - 30/04/2016, 09:12 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

BANTUL, KOMPAS.com - Pecinta film Indonesia tentu tidak akan melewatkan untuk menonton film Ada Apa dengan Cinta? 2 (AADC? 2) yang tayang di bioskop sejak Kamis (28/04/2016) kemarin.

Salah satu pilihan tempat syuting yang muncul sejak teaser dan trailer sekuel AADC? 2 diunggah oleh Miles Films adalah Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK) di Bantul, Yogyakarta.

Jika Anda perhatikan terdapat adegan di mana Cinta bersalaman dengan Rangga sambil mengucapkan “Good bye Rangga” di depan sebuah rumah bercat merah, lokasi tersebut berada di komplek padepokan seni yang berdiri sejak tahun 1978 ini.

Rangga dan Cinta mencoba menyelesaikan masa lalunya dengan cukup dramatis di lokasi ini. Namun adegan tersebut berubah 180 derajat saat tiba-tiba Cinta melakukan sesuatu yang membuat Rangga diam mematung.

Rangga hanya bisa melihat Cinta yang pergi menjauh menuju arah jembatan di atas sungai yang menghubungkan padepokan dengan kampung seberang.

Jeannie Park, Direktur Eksekutif Yayasan Bagong Kussudiarja, mengungkapkan bahwa PSBK ini didirikan dengan filosofi sebagai tempat belajar seni ala pesantren oleh seniman multitalenta yaitu Bagong Kussudiarja. PSBK juga menjadi ruang presentasi seni, ruang kunjungan seni, dan ruang pelatihan seni.

"Awalnya bangunannya belum seluas ini, masih sederhana saat didirikan oleh Bagong Kussudiarja. Tujuannya adalah memberikan tempat belajar seni yang dekat dengan alam dan masyarakat," ujar Jeannie.

Jika pengunjung ingin datang untuk menikmati pertunjukan, bisa melihat jadwal kegiatan  yang ditampilkan di website.

Acara rutin yang biasa digelar PSBK adalah Jagongan Wagen, yaitu sebuah karya pertunjukan dari berbagai disiplin seni yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Rumah bercat merah di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja di Bantul, Yogyakarta, ini yang menjadi latar belakang perpisahan singkat Rangka dan Cinta di film 'Ada Apa dengan Cinta? 2'.
Padepokan yang beralamat di Dusun Kembaran, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta ini bebas dikunjungi masyarakat umum.

"Pengunjung biasanya rombongan yang ingin mendalami mengenai bidang kesenian, tetapi tidak jarang juga ada pengunjung yang datang secara insidentil," kata Jeannie.

Padepokan ini terdiri dari studio, pendopo untuk pertunjukan, dan kantor Yayasan Bagong Kussudiarja. Selain bisa menikmati suasana sejuk alami, pengunjung dapat melihat patung besar tokoh seniman multi talenta, Bagong Kussudiarja.

Patung karya seniman Gunadi ini menggambarkan Bagong yang bertelanjang dada dengan handuk menggantung di leher.

"Padepokan ini pernah menjadi lokasi syuting untuk film kolosal, sehingga Riri Riza dan Mira Lesmana yang masih memiliki kesan mendalam tentang padepokan memilihnya sebagai lokasi untuk Ada Apa dengan Cinta? 2," kata Jeannie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com