Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Panjang di Bandung? Ini Jalur Alternatif ke Lembang dari Tol Pasteur

Kompas.com - 04/05/2016, 17:11 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembang, sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat terkenal sebagai destinasi wisata wajib dikunjungi saat liburan ke Bandung. Beragam opsi obyek wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, Taman Hutan Jaya Giri Lembang, Air Terjun Maribaya, dan aneka tempat wisata lain.

Untuk menuju daerah Lembang, wisatawan biasa melewati Jalan Setiabudi melewati Terminal Ledeng kemudian menuju Lembang. Namun, jalur tersebut terkenal sering mengalami kemacetan saat libur "Long Weekend".

Catatan Kompas.com, pada Kamis (24/12/2015) saat Libur Natal Tahun 2015 sebanyak 57.602 kendaraan melintas dari Bandung menuju Lembang. Sementara, kemacetan antrean di gerbang Tol Pasteur, Bandung mencapai 2,5 kilometer pada Jumat (25/12/2015) pagi.

Untuk menghindari kemacetan tersebut, wisatawan bisa melewati beberapa jalur alternatif menuju Lembang. Jalur alternatif tersebut seperti rute Jalan Dago Pojok, Jalan Punclut, Jalan Panorama Lembang dan juga menggunakan Jalan Kolonel Masturi.

KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Antrian kendaraan terjadi kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jum'at (25/12/2015). Momentum libur panjang dimanfaatkan wisatawan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bandung Utara.
Untuk jalur Punclut, jika berangkat dari Tol Pasteur, wisatawan bisa mengambil arah Dago Pakar menuju Perumahan Citra Green Garden lalu Punclut dan keluar di Pasar Lembang. Jalur Panorama Lembang dari gerbang Tol Pasteur, arahkan kendaraan menuju Jalan Setiabudi (Universitas Pendidikan Indonesia) lalu Jalan Panorama Lembang hingga tiba di Lembang.

Sementara untuk Jalur Kolonel Masturi dari gerbang Tol Pasteur, wisatawan bisa arahkan kendaraan menuju Jalan Kolonel Masturi dan tembus di area Villa Istana Bunga Lembang. Keempat jalur alternatif tersebut memiliki kontur medan yang berbukit-bukit.

Biasanya, wisatawan akan melewati rute ke Lembang yang terpantau kerap timbul kemacetan yakni Jalan Setiabudi ke Terminal Ledeng hingga Lembang.

Sebelum berlibur menuju Lembang di tengah kemacetan, pastikan kendaraan yang Anda bawa dalam kondisi prima. Selain itu, pastikan juga kondisi tubuh juga dalam keadaan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com