Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Gili Trawangan, Ini 5 Gili "Anti-Mainstream" di Lombok

Kompas.com - 07/05/2016, 13:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Lombok, ada "trio gili" yang sangat terkenal karena keindahan pantainya, yaitu, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Berangkat ke gili tersebut dari Lombok bisa ditempuh dengan naik kapal dari Pelabuhan Bangsal.

Namun, sebenarnya masih ada pulau atau gili lain yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi gili-gili tersebut bisa dijangkau dari dermaga Tawun di Kecamatan Sekotong.

Berikut adalah lima gili "anti mainstream" di Lombok yang dihimpun KompasTravel bisa sebagai referensi liburan.

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju Gili Nanggu, wisatawan dapat naik perahu dari Sekotong. Di sana, wisatawan bisa sekedar bersantai untuk menikmati panorama pantai berpasir putih halus, menyelam, dan berenang di air laut yang biru.

Gili Sudak

Gili yang dikenal dengan nama Gili Sudak ini terletak di Dusun Batu Kijuk, Desa Medang, Kecamatan Sekotong Barat, Lombok Barat. Di Gili Sudak, bersiaplah merasakan keindahan bawah lautnya yang menawan, terumbu karang dengan ukuran besar, ikan-ikan kecil berwarna-warni, dan bintang laut.

Untuk penginapan, di sini sudah tersedia resor yang bisa disewa. Bangunannya pun sangat khas menggunakan elemen kayu dan bergaya otentik.

Jangan lupa untuk bermain di air laut nan tenang dan bening menembus dasar lautan. Cobalah untuk bermain kayak berkeliling menikmati keindahan di sekitar gili Sudak.

KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI Sejumlah wisatawan Nusantara bertolak dari Dermaga Tawun di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menuju ke Gili Nanggu, sebuah pulau di tengah laut yang menawarkan wisata berenang di air laut jernih, menyelam, dan bercengkerama dengan ikan yang hidup di terumbu karang. Sekotong menjadi destinasi favorit kedua setelah Senggigi yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.
Gili Tangkong

Di antara Gili Sudak dan Gili Nanggu, Anda bisa menemukan Gili Tangkong yang secara administratif berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapainya bisa melalui Dermaga Tawun di Sekotong naik kapal katingting.

Di Gili Tangkong, Anda bisa melakukan snorkeling melihat warna-warni ikan serta terumbu karang. Jika malas menyelam, Anda bisa sekedar bersantai di pasir pantai Gili Tangkong yang bersih.

Gili Gede

Gili Gede, misalnya, merupakan perkampungan atau desa nelayan yang menggantungkan hidup dari mencari ikan di laut. Di sana, Anda bisa berinteraksi dengan nelayan-nelayan yang sedang beraktivitas.

Jika air surut, hamparan rumput laut yang berwarna hijau atau kuning tua juga terlihat. Di Gili Gede, tersedia beberapa penginapan seperti Madak Belo, Pelangi Homestay, dan Via Vacare.

Gili Kedis

Tak jauh dari Gili Sudak, sekitar lima menit menggunakan kapal, Anda bisa tiba di Gili Kedis. Gili Kedis berukuran tak besar hingga cukup memakan waktu lima menit untuk berkeliling.

Di sana, daya tarik wisata yang siap memanjakan adalah bermain di pasir. Jika ingin beristirahat dan tak terkena panas, Anda bisa sedikit berlindung di pepohonan yang ada di Gili Kedis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com