Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Liburan Keluarga Lebih Menyenangkan, Lakukan 4 Hal Spontan Ini

Kompas.com - 11/05/2016, 07:00 WIB

BERLIBUR dengan anak-anak harusnya menjadi liburan yang bersemangat, membuka mata dan kesempatan baik untuk menciptakan pengalaman yang berkesan. Mungkin Anda bisa melakukan cara-cara spontan ini agar liburan keluarga lebih menyenangkan:

1. Tinggalkan penginapan dengan spontan

Menurut ahli liburan keluarga, Amy Tara Koch, salah satu kesalahan umum yang biasa dilakukan keluarga adalah: menyiapkan skenario rutin saat liburan yang justru bisa menyebabkan kebosanan.

Amy mengatakan, orangtua membahayakan diri mereka sendiri dengan menyiapkan banyak camilan, makanan manis dan mainan untuk anak.

Alihkan perhatian anak dengan melakukan hal-hal spontan, mungkin Anda bisa menemui hal yang lebih menarik di tempat tujuan dibanding yang sudah direncanakan. Meskipun begitu, bukan berarti kita kehilangan kontrol. Jangan lupa membawa hal-hal yang diperlukan seperti obat-obatan, dan lainnya.

2. Keluar dari zona nyaman

“Jika Anda ingin mendapatkan kenyamanan seperti di rumah, maka jangan pergi ke tempat mana pun,” kata Bruce Poon Tip, pendiri usaha perjalanan, G Adventures.

Jangan pernah menyamakan standar negara lain dengan standar kita. Kita justru akan mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan jika mempelajari dan menerima kebudayaan lain.

3. Memasak sendiri makanan lokal

“Salah satu hal paling menyenangkan dari travelling adalah menikmati makanan lokal,” ujar Laurel Geatrix dari TripAdvisor.

Namun, makan di luar bersama dengan keluarga terkadang membutuhkan uang yang cukup banyak. Untuk itu, Laurel menyarankan agar kita sebaiknya menginap di rumah warga. Lalu, membeli bahan-bahan makanan dan meminta pemilik penginapan untuk mengajarkan resep masakan lokal.

“Kita akan merasakan makanan lokal, belajar resep baru dan tidak membuat kantong kita bolong,” kata Laurel.

4. Tidur di satu kamar yang sama

Saat berlibur, Laurel menyarankan kita untuk memilih penginapan yang memiliki kamar yang cukup besar. Dengan begitu, kita bisa tidur bersama keluarga dengan nyaman tanpa merasa kesempitan. Selain mendekatkan hubungan dengan anak-anak, cara tersebut juga menghemat biaya liburan kita.

Meskipun rencana liburan adalah hal penting, namun tidak ada salahnya melakukan sesuatu yang spontan dan berbeda dari yang lainnya. Siapa tahu, liburan keluarga jadi lebih menyenangkan! (Usanews.com/Sumber:Intisari-Lintang Bestari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com