Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncaki Arjuno-Welirang dalam 32,5 Jam, Ini Cerita Willem Sigar Tasiam

Kompas.com - 11/05/2016, 22:19 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PRIGEN, KOMPAS.com - Pendaki gunung maraton solo Willem Sigar Tasiam (58) menuntaskan pendakian Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur dalam waktu 32,5 jam. Willem tiba di Pos Registrasi Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Jalur Tretes pada pukul 21.00 WIB.

Awalnya, Willem berencana mencapai Puncak Gunung Arjuno dari Puncak Gunung Welirang. Namun, ia mengubah rencana menjadi menggapai Puncak Gunung Welirang dari Puncak Gunung Arjuno.

"Sampai pos sebelum pondokan jam 6 sore lalu buka flysheet, tidur. Baru jalan lagi jam 2 pagi. Sampai di Pos Pondokan jam 4 pagi," kata Willem usai pendakian, Rabu (11/5/2016) malam.

Saat perjalanan menuju Pos Pondokan, Willem diterpa hujan. Ia sempat berteduh terlebih dahulu di Pos Pondokan. "Jam 5.45 jalan dari Pos Pondokan ke Puncak Arjuno. Jam 10.45 tiba di puncak," ujar Willem.

Tak berlama-lama di Puncak Gunung Arjuno, Willem kemudian melanjutkan perjalanan menuju Puncak Gunung Welirang.

Ia memilih memotong jalan melalui Jalur Gunung Kembar 1. "Itu melipir lewat Gunung Kembar. Nah, sampai di puncak Gunung Welirang jam 3.10 WIB," jelas laki-laki kelahiran Pontianak itu.

Ia menuruni punggung Gunung Welirang usai tiba di puncak. Willem tiba di pos awal pendakian dengan selamat. Kini, tim Jelajah Tanpa Batas 50 Gunung 40 Hari langsung menuju kaki Gunung Panderman di Batu, Malang.

Rencana pendakian selanjutnya, Willem akan mendaki Gunung Panderman dan Butak.

Gunung Welirang adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu mengembuskan asap dan cairan belerang. Gunung ini merupakan kompleks gunung yang membentuk barisan.

Gunung Arjuno berketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut dan Gunung Welirang 3.156 mdpl. Di sekitar dua gunung itu terdapat Gunung Kembar I di 3.051 mdpl, Gunung Kembar II di 3.126 mdpl, Gunung Ringgit 2.477 mdpl.

Sementara, Gunung Welirang dapat didaki dan berbagai arah seperti via Jalur Tretes dan via Jalur Lawang di Kabupaten Pasuruan, Jalur Purwosari, dan Jalur Cangar Sumbersari Brantas, Malang.

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari.

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com