Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tahu Rasa Egg Tart Portugis yang Mirip Aslinya?

Kompas.com - 13/05/2016, 06:10 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Egg tart, kue berisikan adonan telur khas Portugis ini banyak ditemui di berbagai negara Asia. Tapi ternyata tidak semua tempat menghasilkan egg tart yang memiliki rasa yang sama lezat dengan aslinya.

Beberapa negara yang pernah dikuasai Portugis, seperti Timor Leste, Hongkong, Singapura, Malaysia, dan China dapat ditemui kue egg tart. Selain menyebarkan paham ideologi, Portugis juga menularkan kebudayaan hingga kulinernya kepada tempat-tempat tersebut, salah satunya egg tart dan apem kinca.

Namun, menurut Frederico Brandao, salah satu wisatawan asal Portugal yang sudah lalu-lalang di beberapa negara Asia, hanya ada sedikit tempat yang menyajikan egg tart senikmat aslinya, salah satunya di Indonesia.

“Sangat sedikit yang persis enak seperti di negara saya (Portugal), salah satunya ini,” ujar Frederico menunjuk egg tart yang ia makan di Kampung Tugu saat kegiatan Charity Walking Tour dari Jakarta Food Adventure, Minggu (8/4/2016).

Ia pun menceritakan beberapa ciri khas yang membuat egg tart tersebut nikmat dan persis menyerupai aslinya di Portugal. “Dua ciri khas dari kue ini yang sama dengan aslinya,” ujarnya kepada rekan-rekan wisatawan lain.

Pertama, yang membedakan ialah adonan dasarnya. Menurut Frederico, adonan dasar egg tart sebenarnya tidak padat, seperti croisant. Pada umumnya egg tart yang ia temukan di Asia memiliki tekstur padat seperti pie susu dari Bali.

Kedua, lanjut Frederico, tampilan gosong dari cara memanggang yang benar. Egg tart di Portugal dipanggang dengan suhu tinggi yakni 200 derajat celsius dengan waktu kurang dari 10 menit. Akibat suhu yang sangat panas tersebut permukaan kue terlihat gosong.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Frederico Brandao wisatawan asal Portugal, dan Debora wisatawan asal Brazil yang mengikuti Charity Walking Tour ke Kampung Tugu dari Jakarta Food Adventure, Minggu (8/4/2016).
Gita, seorang perajin sekaligus penjual Portuguese egg tart yang kala itu menyajikannya di Kampung Tugu mengatakan cara memasak tersebut memberikan rasa khas.

“Beberapa tempat membuat permukaan atasnya gosong, hanya menembakan kue dengan api. Jadi nanti rasanya bisa beda,” ujarnya kepada KompasTravel saat demo memasak egg tart di Kampung Tugu, Minggu (8/4/2016).

Ketika memakannya, lapisan luar kue tersebut akan langsung hancur di mulut persis seperti croisant. Namun, tak begitu lama, fla yang merupakan isi atau bagian tengah dari kue memberikan rasa manis yang lembut.

Untuk mendapatkannya selain dalam acara tertentu di Kampung Tugu, Anda bisa mengunjungi media sosial “Bite a bit”. Bite a bit merupakan tempat pembuatan panganan ringan khas Portugis yang dimiliki Gita. Selain portuguese egg tart, terdapat juga orange marmalade tart, dan yang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com