Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piknik ke Australia, Makanan Halal Bukan Lagi Urusan Pelik!

Kompas.com - 14/05/2016, 19:52 WIB
M Latief

Penulis

KOMPAS.com - Urusan cari makan, terutama di beberapa kota di Australia, tak ada yang lebih meyakinkan melihat penuhnya kerumunan di depan kedai makanan yang diincar. Apalagi di akhir pekan, antreannya panjang.

Tapi, khususnya wisatawan Indonesia yang beragama muslim, urusan lezat bisa jadi nomor dua, terutama karena dikaitkan dengan harus berlabel halal. Lebih bagus lagi, kalau lezat dan halal, ini baru sip!

Seperti itulah kira-kira menggambarkan suasana riuhnya restoran 'Ayam Goreng 99' di Kingsford, New South Wales, Sydney, Australia. Di tempat inilah urusan perut bakal tuntas lantaran ayam bakar dan sambalnya yang konon disebut-sebut  terbaik di Sydney sehingga banyak pengunjung tidak keberatan menunggu, selain harganya juga murah.

Restoran ini memang tidak terlalu besar. Tapi, rekomendasi beberapa orang Indonesia yang pernah mencicipi menu ayam bakar di sini seratus persen halal dan enak alias lezat. Bumbunya meresap dan bikin lupa kalau sedang di negeri orang.

M LATIEF/KOMPAS.com Perencanaan perjalanan yang baik akan menghalau masalah agar urusan perut tetap kenyang dan piknik tetap nyaman tanpa harus terpaksa makan makanan tidak halal.
Riset dulu!

Tak semua restoran, rumah makan atau kedai di Australia menyajikan menu makanan halal. Urusan begini memang kerap bikin pusing wisatawan Indonesia yang beragama muslim, terutama jika tidak bawa makanan "cadangan" dari Indonesia.

Beruntungnya, saat ini semua informasi gampang didapat. Perencanaan perjalanan yang baik akan menghalau masalah agar urusan perut tetap kenyang dan piknik tetap nyaman tanpa harus terpaksa makan makanan tidak halal.

"Karena tidak semua restoran menawarkan makanan halal, dan harus mau bertanya menu yang Anda pesan halal atau tidak. Sekarang ini beruntung banyak restoran mulai menawarkan makanan halal mengingat makin banyak wisatawan mencari menu ini, selain juga komunitas muslim yang juda banyak," ujar Heidi Andrews, dari Gold Coast Tourism, pada 'Australian Tourism Exchange Media Marketplace 2016' di QT Hotel, Gold Coast, Sabtu (14/5/2016).

Di Gold Coast, Queensland, misalnya. Satu dari sekian banyak restoran yang menyajikan makanan adalah Golden Legend Malaysian Seafood Restaurant di kawasan Gold Coast Highway. Mulai dari nasi goreng, ayam goreng, dan menu makanan Melayu ada di sini.

"Rata-rata restoran vegetarian, restoran India atau Arab juga aman untuk mereka yang mencari makanan halal. Yang penting, tinggal diriset dulu sebelum merancang perjalanan, cari rekomendasinya, itu akan lebih baik," tambah Heidi.

Nah, selamat piknik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com