Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Paling Seksi, Inilah Air Terjun Limbong Komandan

Kompas.com - 16/05/2016, 13:04 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Obyek wisata alam paling seksi nan eksotis yang terletak sekitar 35 kilometer dari kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini diperkenalkan oleh Dinas Pariwisata Polewali Mandar sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Air Terjun Limbong Komandan yang didukung dengan agrowisata yang menawarkan aneka buah segar di sekitarnya menjadi salah satu daya tarik sehingga wisatawan betah berlibur di tempat ini.

Guna menggenjot kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, Dinas Pariwisata Polewali Mandar kini tak hanya mengembangkan destinasi wisata berwawasan lingkungan tetapi juga berbagai destinasi wisata alam yang memiliki pesona dan keunikan tersendiri.

Pekan lalu, Dinas Pariwisata Polman memperkenalkan Air Terjun Limbong Komandan yang terkenal indah nan seksi. Selain air terjun, lokasi ini juga menawarkan aneka buah segar seperti durian, rambutan, langsat, jagung dan aneka buah-buahan lainnya.

Sekilas nama Air Terjun Limbong Komandan memang terkesan maskulin dan sangar. Namun jangan terkecoh. Air terjun bersusun dan meliuk-liuk di tengah pegunungan yang asri dan indah ini terkenal karena dinilai seksi dan memikat hati wisatawan.

Tiara, salah satu wisatawan mengaku takjub dengan kondisi alam sekitar permandian Air Terjun Limbong Komandan. "Suasana alamnya yang seksi dan masih asri," kata Tiara.

KOMPAS.COM/JUNAEDI Air Terjun Limbong Komandan di Desa Riso, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, di-launching Dinas Pariwisata Polewali Mandar sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi air terjun ini dipenuhi oleh aneka buah-buahan.
Hanya saja, menurut Tiara, sejumlah infrastruktur pendukung seperti akses jalan yang masih harus dipoles untuk memancing wisatawan lebih banyak berkunjung. “Kondisi alamnya menarik dan seksi. Air terjunnya unik dan indah. Hanya saja fasilitas pendukung seperti jalan masih harus dibenahi,” ujar Tiara.

Amry Anaddara, wisatawan lainnya mengaku sudah lama mendengar cerita tentang keunikan Air Terjun Limbong Komandan yang terkenal seksi dan unik.

“Saya sudah lama dengar cerita keunikan Air Terjun Limbong Komandan, tapi baru kali ini saya bisa menyaksikan langsung. Pesona alamnya di sepanjang jalan hingga sampai lokasi memang menakjubkan,” ujar Amry yang mengaku menjadikan obyek wisata ini sebagai salah satu referensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar yang memperkenalkan Air Terjun Limbong Komandan, kini mulai membenahi berbagai obyek wisata di daerah ini.

Menurut Andi, pembenahan obyek wisata budaya, religi, wisata bahari, dan wisata alam di Polewali Mandar adalah salah satu upaya pemerintah untuk terus menggalakkan Polman sebagai salah satu tujuan wisata di Sulawesi Barat.

“Berbagai obyek wisata terus kita benahi secar perlahan. Mudah-mudahan ini akan semakin memancing minat wisatawan berkunjung ke Polewali Mandar. Pembukaan obyek wisata Air Terjun Limbong Komandan kita harapkan menjadi langkah awal untuk memancing minat investor swasta dalam berkontribusi membangun obyek wisata di Polewali Mandar,” ujarnya.

KOMPAS.COM/JUNAEDI Air Terjun Limbong Komandan di Desa Riso, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, di-launching Dinas Pariwisata Polewali Mandar sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi air terjun ini dipenuhi oleh aneka buah-buahan.
Rencana pemerintah memperkenalkan potensi dan keunikan masing-masing obyek wisata di Polewali Mandar mendapat dukungan penuh warga. Kunjungan wisatawan diyakini berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya, termasuk para petani buah.

Tak heran saat Air Terjun Limbong Komandan diperkenalkan kepada wisatawan, warga beramai-ramai menyumbangkan aneka buah segar hasil kebun mereka seperti durian, rambutan, duku, jagung, dan aneka buah segar lainnya untuk menjamu para pengunjung yang datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com