Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Berharap Baturraden Jadi Tambahan Destinasi Wisata Jateng

Kompas.com - 19/05/2016, 17:15 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Kebun Raya Baturraden, Kabupaten Banyumas, yang masih dalam penataan dapat menjadi tambahan destinasi wisata di Jateng.

"Setelah ditata bagus, kita gelar event di Baturraden, harapannya ini menjadi tambahan destinasi wisata di Jateng," kata Ganjar saat meninjau perkembangan Penataan Kebun Raya Baturraden di Kabupaten Banyumas, Rabu (18/5/2016) petang.

Ganjar menjelaskan bahwa pengerjaan fisik penataan Kebun Raya Baturraden yang saat ini sudah mencapai 80 persen terus berjalan agar semakin indah dan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Saya usul seluruh jenis bunga mawar di Indonesia ada di sini (Kebun Raya Baturraden)," ujarnya.

Ganjar mengakui perkembangan penataan Kebun Raya Baturraden sudah cukup baik tapi jumlah sumber daya manusia yang mengelola lahan seluas 143,5 hektare perlu ditambah.

Sumber daya manusia di Kebun Raya Baturraden saat ini hanya ada 15 orang, padahal idealnya 50 orang.

"Kalau bisa penambahan tenaga perawatan bunga melibatkan masyarakat di sekitar Baturraden sehingga bermanfaat," katanya.

Selain menjadi obyek wisata, Kebun Raya Baturraden diharapkan juga bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

Fungsi konservasi Kebun Raya Baturraden diwujudkan dengan meregistrasi tanaman di antaranya tanaman paku-pakuan, tanaman obat, flora khas Jawa, maupun koleksi tanaman lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com