Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Enak, Daging Diproses Teknik "Barbecue" atau "Grill"?

Kompas.com - 20/05/2016, 06:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Lazimnya hidangan steak sebenarnya adalah daging yang proses memasaknya dengan cara grill atau panggang. Namun kerap kali ada pemahaman bahwa steak itu dimasak dengan cara barbecue.

Padahal kedua teknik ini tentu saja berbeda. Barbecue pada dasarnya adalah teknik memasak daging dengan menggunakan api tidak langsung atau lewat pengasapan kayu dan dilakukan dalam proses lama, sekitar 3-14 jam, atau disebut pula teknik low and slow

Sedangkan steak yang selama ini dikenal, dimasak dengan api langsung serta waktu yang singkat, menggunakan teknik grill atau panggang. 

Rika Fardani, Marketing Manager Ersons Food dalam acara pengenalan menu terbaru Holy Smokes Jakarta, menuturkan hasil daging olahan barbecue dan grill tentu saja berbeda.

Daging dari proses barbecue memiliki cita rasa yang lebih kaya, yang didapat dari proses pelumuran bumbu sebelum dan selama pengasapan.

Selain itu juga ada citarasa khas yang didapat dari pengasapan kayu. Seperti daging Smoky Wagyu Brisket di Holy Smokes yang menggunakan asap pembakaran kayu pohon apel dan salak sehingga membuatnya memiliki citarasa yang sangat khas seperti kombinasi harum asap dan harum bumbu.

Hal yang membedakan lainnya adalah penyusutan ukuran daging yang cukup besar karena proses pengasapan. Rika menyebutkan jika daging sapi bisa menyusut sampai 50 persen setelah selesai dimasak dengan teknik barbecue.  

Sedangkan pada teknik grill, lebih mengungulkan tekstur dari daging itu sendiri. Maka tak heran daging steak dapat dibuat sesuai permintaan kematangan dari bleu, rare, medium rare, medium, medium well done, dan well done.

Di teknik barbecue Anda tak dapat memesan tingkat kematangan daging karena biasanya daging akan memiliki tekstur yang lembut karena lama diasap.

Sebenarnya hasil dari teknik barbecue dan teknik grill sama lezatnya. Tergantung selera, niat untuk memasak, atau keihklasan mengeluarkan kocek yang lebih dalam.

Sebab, daging barbecue yang dimasak dengan proses lebih panjang dan mengalami penyusutan umumnya dihargai lebih mahal ketimbang daging dari proses grill.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com