Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Waisak di Borobudur Banjir Peminat

Kompas.com - 20/05/2016, 18:33 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minggu (22/5/2016) mendatang, peringatan Hari Raya Waisak terbesar se-Indonesia kembali digelar di Candi Borobudur. Paket wisata Waisak, termasuk menerbangkan lampion pun diincar banyak wisatawan. 

Paket wisata Waisak dibuat dengan beragam itinerary. Mulai dari 6 jam menonton prosesi sembahyang dan penerbangan lampion, sampai 2 hari 1 malam termasuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekitar Candi Borobudur.

Beberapa hari sebelum hari H, paket wisata Waisak diincar banyak wisatawan. Sampai Jumat (20/5/2016), beberapa travel agent dan penyelenggara open trip mengatakan paket wisata tersebut sudah full booked.

"Paket wisata Waisak sudah full booked, kuotanya 50 orang," tutur Aan dari Indonesia Trip kepada KompasTravel, Jumat (20/5/2016).

Padahal, harga paket Waisak yang diadakan Indonesia Trip tak terbilang murah. Per orang harganya Rp 420.000, keberangkatan dari Bandara Adisucipto di Yogyakarta.

"Tripnya 2 hari 1 malam, termasuk mengunjungi Gereja Ayam dan Puthuk Setumbu. Intinya ini tipe trip untuk fotografi," terang Aan.

Lima puluh peserta trip itu tidak digabungkan dalam satu bus besar, melainkan dipisah jadi lima rombongan dengan mobil sebagai transportasinya. Harga tersebut sudah termasuk transportasi, tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur, dan makan dua kali. Aan menuturkan, paket Waisak selalu full booked tiap tahunnya.

"Tahun lalu ada 60 orang dan memang selalu penuh," tuturnya.

Operator tur lainnya yang menyediakan paket wisata Waisak adalah Tour Jogja Mas Jo. Ini juga merupakan salah satu operator tur yang menyediakan paket wisata AADC 2 di Yogyakarta.

"Untuk paket Waisak kita kuotanya sedikit, cuma lima orang. Tapi langsung full booked," tutur Murniadi Muchran dari Tour Jogja Mas Jo kepada KompasTravel

Tur ini hanya berlangsung satu hari, berangkat dari Yogyakarta pukul 16.00 WIB kemudian kembali lagi esok dini harinya. Saat pelepasan lampion dari pukul 20.30 WIB-10.30 WIB, tiap peserta juga akan mendapat lampion untuk diterbangkan.

Harga paket Waisak dari Tour Jogja Mas Jo adalah Rp 150.000 per orang, termasuk transportasi dan tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur.

"Begitu sampai lokasi, peserta langsung lihat prosesi dan menerbangkan lampion malam harinya. Tiap peserta dapat lampion," tutur Murniadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com