Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama dan Terbesar, "Festival Waisak For Indonesia" Digelar di Ancol

Kompas.com - 21/05/2016, 06:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Waisak for Indonesia (FWI) tengah digelar di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara. Masih ada waktu untuk menyambangi festival Waisak terbesar di Indonesia ini sebelum penutupan pada Minggu (29/5/2016) mendatang.

Peringatan Waisak besar-besaran di Indonesia tak hanya digelar di Candi Borobudur, Magelang. Di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Festival Waisak sudah digelar mulai 28 April 2016 lalu. Festival Waisak for Indonesia (FWI) bertempat di Pasar Seni Ancol dan digelar sampai Minggu (29/5/2016) mendatang.

Festival tersebut disebut-sebut sebagai festival Waisak terbesar di Indonesia yang mencakup rangkaian agenda mulai dari meditasi, bazaar, sampai konser musik Buddhis. Bekerja sama dengan Badan Koordinasi Pendidikan Buddhis (BPKB) Jakarta, pengunjung bisa menyambangi rekonstruksi empat tempat paling suci Umat Buddha.

"Yang membedakan festival tahun ini adalah adanya rekonstruksi empat tempat paling suci umat Buddha yaitu Lumbini, Uruvela, Taman Rusa Isipatana, dan Kusinara," tutur Nadia Mudita selaku Panitia FWI kepada KompasTravel, Jumat (20/5/2016).

Lumbini adalah tempat kelahiran Pangeran Siddharta Gautama (calon Buddha Gautama). Sementara Uruvela merupakan hutan tempat Pangeran Siddharta bertapa setelah meninggalkan pertapaan Uddaka Ramaputta dan Alara Kalama.

Taman Rusa Isipatana adalah tempat dipaparkannya ajaran Buddha untuk pertama kalinya kepada lima orang pertapa. Terakhir, Kusinara adalah tempat Sang Buddha meninggal dunia atau Wafat Agung. Kusinara atau yang dikenal sebgai Kushinagar ini terletak di India.

Selain mengunjungi empat tempat rekonstruksi tersebut, pengunjung juga bisa menyambangi Festival Karya Seni Rupa Waisak yang memamerkan koleksi milik 160 seniman senior. Tak hanya itu, ada juga festival benda bersejarah Buddha yang memamerkan aneka peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Tarumanegara, Mataram Kuno, dan Majapahit.

"Penutupan akan digelar pada 29 Mei mendatang. Mulai pukul 15.00-21.30 WIB akan ada konser bertema 'Pelita Nusantaraku'," tutur Nadia. 

Sementara itu, pada saat berlangsungnya prosesi keagamaan Waisak di Candi Borobudur, Minggu (22/5/2016) mendatang akan ada kebaktian massal di area FWI.

"Sabtu tanggal 21 besok, akan ada bazaar dan festival musik Buddhis yang digelar mulai pukul 17.00 WIB," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com