Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tempat Terbaik Menikmati Senja di Belitung

Kompas.com - Diperbarui 21/06/2023, 09:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Menyaksikan matahari tenggelam di langit Belitung adalah kegiatan yang tak boleh terlewat saat berplesir ke pulau ini. Belitung memiliki banyak spot ciamik untuk menikmati detik-detik peralihan dari siang menuju malam.

Entah di tengah kota maupun yang jaraknya jauh, senja di Belitung selalu menyuguhkan pemandangan yang tak kan dilupakan para wisatawan.

 

Baca juga: 5 Pantai Cantik Belitung yang Paling Instagramable

Berikut sejumlah pantai yang bisa kamu singgahi untuk menikmati senja di Belitung. 

Tempat menikmati senja di Belitung

1. Desa Nelayan Tanjung Binga

Perahu dan kapal milik nelayan Desa Tanjung Binga, Belitung, berjejer di sepanjang garis pantai.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Perahu dan kapal milik nelayan Desa Tanjung Binga, Belitung, berjejer di sepanjang garis pantai.

Jembatan beton yang menjorok beberapa puluh meter ke laut menjadi spot favorit para wisatawan yang ingin menyaksikan terbenamnya matahari di perkampungan nelayan Tanjung Binga.

Jembatan atau lebih tepatnya dermaga beton itu memungkinkan kita untuk berjalan cukup jauh  ke tengah laut untuk menikmati senja.

Perahu nelayan yang terparkir maupun hilir mudik menjadi foreground yang indah untuk diabadikan dalam bentuk foto bersama latar matahari yang terbenam.

Jika ingin pemandangan lain dari sekedar matahari yang terbenam, kita dapat langsung turun ke bibir pantai. Mengabadikan matahari terbenam dari balik tiang-tiang dermaga, baik dermaga beton yang berdiri kokoh maupun dermaga kayu yang dibangun oleh para nelayan di Tanjung Binga.

Baca juga: Pelesiran 2 Hari 1 Malam ke Belitung, Habis Biaya Berapa?

Tanjung Binga merupakan perkampungan nelayan yang cukup besar di Belitung.

Uniknya, nelayan di Tanjung Binga tak hanya berasal dari Belitung saja namun kebanyakan dari mereka justru berasal dari suku Bugis, suku yang dikenal sebagai asal para pelaut ulung.

Berbeda dari banyak pantai yang ada di Belitung, Tanjung Binga tak menawarkan begitu banyak keindahan yang kasat mata.

Kegiatan para nelayan dan interaksi menjadi suguhan pemandangan yang tak kalah seru untuk diabadikan. Tempat ini juga menjadi tempat alternatif keberangkatan untuk menjelajah ke pulau lengkuas, batu berlayar dan lainnya.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Ini adalah pantai yang cukup terkenal di Belitung, terlebih saat keindahannya tertekam dan tersebar melalui film berjudul Laskar Pelangi.

Tanjung tinggi tak hanya indah dilihat saat matahari sedang terang. Jika banyak memiliki waktu luang kita dapat menghabiskan waktu dan menikmati senja di tepi pantai setelah puas mengeksplorasi bebatuan granit berukuran raksasa yang banyak terdapat di sekitar Pantai Tanjung Tinggi.

Jika beruntung mendapatkan posisi yang tepat, wisatawan akan mendapatkan pemandangan yang jarang ditemukan di pantai-pantai lain.

Matahari akan terbenam malu-malu dibalik susunan batuan granit yang tersebar disekitar pantai tersebut.

Baca juga: Napak Tilas Film Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Jika ingin menikmati senja dengan suasana romantis, pesanlah tempat di Resto Lemadang yang terletak tepat di area parkir Tanjung Tinggi.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com