Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Republik Kopi, "Nama" Baru Bondowoso

Kompas.com - 23/05/2016, 05:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Sebagai kabupaten dengan perkebunan kopi yang banyak serta antusiasme masyarakat yang tinggi akan kopi, Bupati Bondowoso Amin Said Husni pun kembali mendeklarasikan Kabupaten Bondowoso sebagai Republik Kopi.

(Baca: Tarik Wisatawan, Bondowoso Deklarasikan sebagai "Republik Kopi")

Pada hari Sabtu, (21/5/2016) Amin memukul gong di Lapangan Hasanudin Kalisat, Kecamatan Sempol, Bondowoso, dalam rangka mendeklarasikan daerah pimpinannya dengan sebutan Republik Kopi.

Amin di kesempatan yang berbeda mengatakan jika ide nama Republik Kopi muncul ketika dirinya tengah berkumpul bersama para petani kopi di Bondowoso.

"Nama Republik Kopi dipilih karena terdengar casual, mudah diingat dan menarik," ujar Amin.

Kopi menurut Amin telah mengubah taraf hidup masyarakat Bondowoso. Dari yang tadinya ekonomi kelas menengah ke bawah menjadi kelas menengah atas.

Lewat bantuan berbagai pihak, petani kopi di Bondowoso dibina dan diberi penyuluhan agar dapat menghasilkan kopi dengan standar internasional.

"Kopi di Bondowoso sudah mendunia, dari antusiasme masyarakat Bondowoso, rasanya tidak mengada-ngada jika kita men-declare sebagai Republik Kopi," ungkap Amin.

Amin menjelaskan jika kopi Bondowoso memiliki spesialisasi rasa yang unik karena ditanam di daerah Pegunungan Ijen dengan tanah berunsur belerang.

Kompas TV Sensasi Terbang Bebas Lintasi Gunung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com