Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Benteng Takimpo, Salah Satu Benteng Pertahanan Sultan Buton

Kompas.com - 23/05/2016, 08:08 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com - Pulau Buton terkenal dengan sebutan seribu benteng. Betapa tidak, selain di Kota Baubau dan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, juga terdapat beberapa benteng lainnya.

Salah satunya seperti benteng Lipuogena Takimpo yang berada di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Benteng Lipuogena Takimpo ini berada di atas perkampungan warga. Tepatnya berada di daerah perbukitan dengan memakan waktu sekitar 15 menit saja dari perkampungan warga.

Ketika berada di atas, terdapat pintu gerbang benteng yang berdiri dengan kokohnya. Ketika memasuki ke dalam benteng ini, hijauan pepohonan yang masih tumbuh lebat di sekitar benteng yang disebut Benteng Takimpo.

Selain itu dari jauh, Teluk Laut Pasarwajo terlihat sangat indah dari atas benteng tersebut. Menurut seorang warga sekitar, Wa Aeta (45), Benteng Takimpo ini mempunyai lima buah pintu kecil atau bahasa setempatnya disebut Lawa. Lawa tersebut yakni, Lawa Naemata, Lawa Sampu, Lawa Nawakeke, Lawa Kolowundanga, dan Lawa Pibuni.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Benteng Takimpo yang berada di Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, salah satu benteng pertahanan kesultanan buton
“Di dalam benteng juga terdapat galampa atau tempat adat. Jadi kalau pesta kampung, akan dilakukan dulu di dalam benteng kemudian akan dilanjutkan ke kampung. Kata orang, benteng ini biasa disebut juga benteng pertahanan Kesultanan Buton,” kata Wa Aeta, Minggu (22/5/2016).

Selain itu, di dalam benteng juga terdapat tempat duduk tetua adat yang terbuat dari batu. Tidak dijelaskan secara terperinci, namun menurut Wa Aeta, tempat duduk tetua adat tersebut sebagai tempat duduk pelantikan ketua adat atau parabela kampung.

“Ada juga turis duduk di situ dan berfoto di atas batu itu. Memang batu itu untuk melantik parabela,” ujarnya.

Nah, bila Anda yang tengah berada di Pulau Buton, sempatkan waktu melihat langsung Benteng Takimpo tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com