Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Bondowoso, Yuk Mampir ke Tempat Oleh-Oleh Ini

Kompas.com - 23/05/2016, 10:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com-Jika anda berlibur atau sekadar lewat ke kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir membeli oleh-oleh khas daerah Republik Kopi ini. Ada tiga tempat sentra oleh-oleh di Bondowoso yang tak boleh Anda lewatkan karena selain keunikan barang yang mereka jajakan, pengunjung dapat melihat proses pembuatan serta menikmati suasana lingkungan yang asri.

1. Flodista

Aktivitas membuat kerajinan tangan dari limbah rumah tangga dan industri di Flodista, Bondowoso

Terletak di Jalan Sentawi Pinang Pas III Nomor 3, Flodista merupakan sentra penjualan kerajinan tangan daur ulang, restoran, sekaligus bengkel kerajinan tangan. Para pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan tangan yang dibuat dari limbah rumah tangga atau bahan alami.

Selain itu pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Bondowoso yakni kopi, kacang macadamia, atau aksesoris seperti kalung, gantungan kunci, dan kaus. Selesai berbelanja, pengunjung dapat menikmati santapan yang tersaji di kafe Flodista yang memiliki nuansa Bali. Flodista buka dari pukul 09.00 sampai 21.00.  

2. Tapai Handayani 82

Pegawai Tapai Handayani 82 sedang beraktivitas membuat tapai.

Tapai Handayani adalah sentra tapai tertua di Bondowoso. Usaha penjualan tapai ini telah ada sejak tahun 1970-an. Gerai Tapai Handayani berada di Jalan PB Sudirman dan menjual berbagai olahan makanan khas tapai. Seperti tapai, brownies tapai, serta olahan tapai lainnya. Sedangkan sentra produksi tapai Handayani berada terpisah dengan gerainya, berada di rumah pemilik Tapai Handayani yang bergaya tempo dulu.

3. Batik Tulis Sumber Sari

Kain Batik tulis sedang dijemur di Batik Tulis Sumber Sari, Bondowoso.

Selain dapat membeli batik khas Bondowoso yang terkenal dengan motif daun singkong, tebu, dan kopi, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan batik langsung dari awal hingga akhir proses. Lelah berkeliling pengunjung dapat memesan makanan di warung makan Sumber Sari yang memiliki pemandangan langsung ke sawah.

Lokasi Batik Tulis Sumber Sari terletak di Jalan Sukowono 1 No. 7-9, kecamatan Maesan. Oleh karena itu Batik Tulis Sumber Sari juga dikenal penduduk lokal dengan nama Batik Maesan. Jangan lupa siapkan kamera, sebab selain aktivitas membuat batik yang menarik, lokasi Batik Tulis Sumber Sari memiliki spot foto yang indah. Jam operasional Batik Tulis Sumber Sari dari pukul 11.00-18.00 (hari biasa) dan 11.00-20.00 (akhir pekan). Sedangkan aktivitas membuat batik dimulai dari pukul 09.00-15.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com