Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! 6 Agenda Wisata di Riau

Kompas.com - 28/05/2016, 11:27 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya kaya akan minyak bumi dan kelapa sawit, Provinsi Riau memiliki kekayaan alam dan budaya yang menjanjikan sebagai daya tarik wisata. Oleh karena itu Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman meluncurkan Calender of Event Riau 2016 di Balairung Soesilo Soedaman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (27/4/2016).

Ada enam festival wisata yang menjadi unggulan provinsi ini. Lima di antaranya mendapatkan pendukungan dari Kementerian Pariwisata. Enam agenda pariwisata di Riau pada tahun 2016 adalah:

1. Bakar Tongkang (Juni)

Bakar Tongkang adalah ritual yang telah dilakukan selama satu abad. Ritual ini dimulai ketika para leluhur perantau dari negeri China tersesat di samudera luas.

Mereka kemudian melihat nyala cahaya di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau. Akhirnya perahu mereka berlabuh di sana dan sebagai lambang tekad mereka untuk sukses di negeri baru, mereka membakar tongkang alias perahu. Rencananya bakar tongkang akan diadakan pada tanggal 20-21 Juni 2016.

2. Pacu Jalur (Agustus)

Seratus tahun lalu, pacu jalur dibuat untuk merayakan ulang tahun Ratu Wilhemina dari Belanda. Setelah Indonesia merdeka, pacu jalur atau lomba perahu naga dibuat untuk merayakan hari raya Islam dan hari kemerdekaan.

Pacu Jalur kini juga menjadi ajang silaturahm warga disekitar Sungai Narosa. Tahun ini Pacu Jalur dilaksanakan pada tanggal 24-28 Agustus 2016.

3. Tour de Siak (September)

Balap sepeda dengan trek menantang yakni di perkebunan sawit dan alam bebas berhasil menarik para pecinta olahraga sepeda untuk memacu sepeda di Kabupaten Siak Sri Indrapura tanggal 21-25 September 2016.

4. Gema Muharram (Oktober)

Acara religius terbesar yang sempat mendapat rekor MURI selama dua tahun belakangan. Gema Muharram, bertepatan dengan merayakan momentum 10 Muharram. Tahun ini akan digelar tanggal 1-2 Oktober 2016.

5. Bono (November)

Surfing tak hanya bisa di laut, tetapi juga bisa di sungai. Hanya ada dua sungai yang memungkinkan para peselancar menantang adrenalin yakni di Sungai Amazon, Brazil dan di Kuala Kampar, Riau.

Bono berhasil menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Riau menjajal papan selancar di ombak Bono yang dapat mencapai enam meter. Tahun ini diadakan Festival Bekudo Bono yang akan berlangsung dari tanggal 4-6 November 2016 di Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau.

6. Riau Marathon (Desember)

Lomba lari jarak jauh yang akan digelar di kota Pekanbaru tanggal 11 Desember 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com