Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Pencak Silat Berhasil Pukau Warga di London

Kompas.com - 29/05/2016, 18:05 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

LONDON, KOMPAS.com – Para penonton di panggung utama Indonesian Weekend yang digelar di Potters Field, London, Inggris tampak sangat terpukau.

(Baca: Ajang Indonesian Weekend, "Pindahkan" Indonesia ke London)

Tangan-tangan yang memegang telepon pintar tak henti merekam aksi para pesilat belia dari Garut, Jawa Barat yang dikomandani Cecep “The Assasin” Arif Rahman.

Bersama para pesilat belia yang dibawanya, bintang film The Raid 2: Berandal itu memamerkan keahliannya dalam ilmu bela diri tradisional pencak silat.

Saat Cecep atau para pesilat belia itu melakukan aksi dengan tingkat kesulitan tinggi, misalnya salto, para penonton tak hentinya berdecak kagum dan memberikan tepuk tangannya.

Setelah beraksi sekitar 30 menit, Cecep dan kawan-kawan mengakhiri pertujukan mereka diiringi tepuk tangan  meriah para pengunjung.

Bahkan, tak sedikit para penonton yang menunggu Cecep sambil membawa pernak-pernik film The Raid dan Star Wars: Force Awaken demi meminta tanda tangan sang bintang.

Tak hanya itu, sebuah media online asal London yang khusus membahas film-film laga dari berbagai negara di dunia, melakukan wawancara khusus dengan Cecep.

Ervan Hardoko/Kompas.com Cecep Arif Rahman melayani wawancara sebuah media online Inggris usai tampil di ajang Indonesian Weekend di London.
Cecep menuturkan promosi silat  ke luar negeri sudah dilakukan sejak lama. Namun, dengan kesuksesan film maka silat semakin menjadi bahan pembicaraan terutama di media sosial.

“Acara semacam ini (Indonesian Weekend) sangat bagus untuk lebih memperkenalkan silat dan memperlihatkan bahwa silat juga bisa digunakan untuk kegiatan apapun,” ungkapnya kepada Kompas.com, di London, Sabtu (28/5/2016) malam.

(Baca: Cecep Arif Rahman: Sejak Dulu Pencak Silat Dikenal di Dunia)

Ajang "Indonesian Weekend" berlangsung pada 28-29 Mei 2016 Potters Field, London, Inggris. Dalam acara ini dipamerkan beragam potensi budaya, wisata, fashion dan kuliner Indonesia.

Potters Field sendiri adalah sebuah taman seluas 6.200 meter persegi yang berlokasi tak jauh dari ikon wisata Inggris, Tower Bridge dan Tower of London. Lokasi tempat ajang ini digelar juga berada di tepi Sungai Thames dan berdekatan dengan kantor wali kota Inggris.

Penggagas acara ini adalah sebuah komunitas warga Indonesia yang tinggal di London. Kelompok warga yang menyebut diri sebagai "Komunitas Bangga Indonesia" ini berkeinginan agar Indonesia semakin dikenal oleh warga Inggris. (Ervan Hardoko melaporkan dari London, Inggris)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com