Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Indonesia Tarik Perhatian Masyarakat Denmark

Kompas.com - 31/05/2016, 12:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam kuliner Indonesia telah menarik perhatian sekitar 400 orang Denmark dan komunitas Indonesia untuk mengunjungi Bazar dan Festival Budaya Indonesia, yang diselenggarakan di area Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kopenhagen, Denmark.

Siaran pers KBRI Kopenhagen yang diterima Antara di Jakarta, Senin (30/5/2016), menyebutkan acara yang berlangsung pada Sabtu (28/5/2016) menyajikan makanan yang laris dibeli oleh para pengunjung antara lain sate ayam, bakso dan kue-kue jajanan pasar, yang dipatok dengan harga berkisar 15-50 Kroner Denmark (sekitar Rp 30.000 - Rp 100.000 per porsi).

Untuk mendukung ekspor Indonesia ke Denmark, KBRI Kopenhagen juga mengundang PT Mayora untuk berpartisipasi memperkenalkan produk-produk kopi Indonesia. PT Mayora saat ini telah memulai perluasan pasar ke Denmark dan menggandeng perusahaan Denmark Tylstrup Kager A/S.

Acara itu dimeriahkan dengan tari-tarian daerah, peragaan busana kebaya dan batik, simulasi pernikahan adat Minang, lagu-lagu daerah Batak dan musik angklung yang seluruhnya ditampilkan oleh warga Indonesia yang ada di Denmark.

Tidak hanya itu, sejumlah orang Denmark yang tergabung dalam kelompok pencak silat bernama Setia Hati Anoman turut menampilkan atraksinya.

Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar Muhammad Ibnu Said mengatakan bahwa promosi budaya Indonesia merupakan salah satu tugas utama dan prioritas perwakilan RI di luar negeri.

KBRI Kopenhagen akan terus bekerja sama dengan masyarakat Indonesia dan mitra-mitra bisnis di Denmark untuk lebih memperkenalkan kekayaan budaya, termasuk kuliner, Indonesia kepada publik Denmark.

Hubungan kedua negara yang sudah berlangsung baik sejak tahun 1950 perlu terus diperkuat dengan persahabatan diantara masyarakatnya. Salah satu caranya adalah mengenalkan beragam kuliner dan seni-budaya Indonesia di Denmark.

"Dengan begitu, masyarakat Denmark akan semakin tertarik untuk berwisata ke berbagai daerah di Indonesia," kata Ibnu Said.

Dari tahun ke tahun, acara Bazar Indonesia menjadi bagian dari rangkaian festival musim panas di kotamadya Gentofte, sebuah daerah di Copenhagen Greater Area.

Wali Kota Gentofte, Hans Toft turut membuka acara ini dan menyampaikan apresiasinya atas antusiasme KBRI Kopenhagen bersama-sama masyarakat Indonesia di Denmark untuk terus mempromosikan ragam budaya Indonesia dan persahabatan kedua masyarakat.

Para pengunjung tampak sangat menikmati pertunjukan, sehingga acara tetap ramai sejak dimulai pada pukul 10.00 dan baru berakhir pada pukul 17.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com