Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aktivitas Favorit Turis di Bhutan

Kompas.com - 01/06/2016, 08:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pariwisata Bhutan tergolong "tertutup". Mereka membatasi jumlah wisatawan yang datang ke negara ini. Walau begitu, Bhutan punya sederet tempat dan aktivitas seru untuk wisatawan.

Bhutan adalah negara kerajaan di Asia Selatan yang cukup tertutup, termasuk soal pariwisata. Satu-satunya cara untuk bisa menyambangi Bhutan adalah lewat travel agent resmi yang sudah terdaftar di situs pariwisatanya: www.tourism.gov.bt.

Ada beberapa hal yang jadi incaran turis di negara eksotis tersebut. Hal itu diungkapkan Key Account Manager Tourism Council of Bhutan, Thsering Pem.

"Pertama adalah mengunjungi Tiger's Nest, monastery yang ada di atas bukit batu," tutur Pem dalam acara Travel Agent Seminar yang berlangsung di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Kedua adalah makanan. Ternyata, wisata kuliner adalah salah satu andalan Bhutan. Pem menjelaskan masakan khas Bhutan banyak menggunakan cabai dan keju sehingga bercitarasa pedas dan gurih.

"Ketiga adalah archery (panahan). Ini adalah olahraga nasional Bhutan. Banyak sekali wisatawan yang datang untuk mencoba panahan tradisional," jelasnya.

COSMOPOLITAN.COM Gaya cantik Kate Middleton ketika sedang memanah di Bhutan
Selain Tiger's Nest, destinasi lain yang wajib dikunjungi adalah Dochula. Ini adalah monastery dengan 108 stupa, dibangun pada 2008. Pem menyebutkan pemandangannya sungguh indah. Anda akan mendapati langit yang biru atau putih sama sekali karena salju.

"Kemudian ada river rafting. Ini juga cukup populer, karena bisa dilakukan di berbagai wilayah Bhutan," lanjut Pem.

Hal berikutnya yang diincar wisatawan adalah festival tradisional. Bhutan punya banyak festival budaya yang digelar sepanjang tahun. Mayoritas digelar di dua kota terbesar, yakni Paro dan Thimphu.

Terakhir adalah homestay atau farm stays. Ini adalah opsi akomodasi untuk wisatawan yang ingin pengalaman menginap di rumah peternakan khas Bhutan.

"Farm stays memungkinkan kita untuk merasakan langsung kehidupan di peternakan. Anda juga akan diajarkan memasak dan menyelami cara hidup orang Bhutan," Pem menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com