Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2016, 14:09 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Bondowoso bukanlah destinasi wisata yang populer. Namun bukan berarti kabupaten ini tidak masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. Salah satu alasan mengapa harus mengunjungi Bondowoso adalah untuk naik ke Ijen.

Pegunungan Ijen di Jawa Timur berada di perbatasan dua kawasan kabupaten, yakni Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Karena itu, wisatawan memiliki dua pilihan jalur untuk mengunjungi pegunungan yang tersohor karena fotogenik ini, yakni via Bondowoso atau via Banyuwangi.

(Baca: Mengapa ke Ijen Lebih Baik Lewat Bondowoso?)

Cara menuju ke Bondowoso

Pesan tiket kereta menuju stasiun Jember dari Stasiun Surabaya Gubeng, degan KA Sri Tanjung. Harga tiket kereta ekonomi AC berkisar Rp 50.000. Sampai di Stasiun Jember, naiklah angkutan umum ke arah Terminal Arjasa Jember dengan tarif Rp 3.000.

Dari terminal Arjasa, pilih angkutan umum menuju Terminal Bondowoso. Anda akan dipatok tarif sekitar Rp 7.000 untuk rute Terminal Arjasa sampai Terminal Bondowoso.

(Baca: "Backpacker" ke Ijen via Bondowoso, Ini Rutenya)

KOMPAS.COM/AHMAD WINARNO Kawah Wurung, sebuah perbukitan dipenuhi dengan rerumputan hijau, di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
Obyek wisata

Salah satu obyek wisata andalan Bondowoso tentu saja Ijen. Jika melalui Bondowoso, wisatawan bisa berkunjung Kawah Wurung dan Padang Savana. Ada lagi agrowisata kopi, bisa santai minum kopi, sepedahan, down hill, produksi kopi luwak, produksi kopi. Ada pula pemandian air panas Blawan, air terjun, dan Bukit Megasari.

Menuju Ijen, pengunjung wajib mampir ke Kawah Wurung yang berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol. Eksotisme Kawah Wurung memang cukup luar biasa, sebab pegunungan dan kawahnya dipenuhi dengan rerumputan yang hijau.

Beberapa wisatawan juga mencoba menuruni tebing di Kawang Wurung, dengan menggunakan sepeda gunung. Wisatawan yang datang, juga tidak lupa berfoto di lokasi Kawah Wurung.

(Baca: Kawah Wurung, Surga Tersembunyi di Bondowoso...)

Penginapan

Di Bondowoso, akomodasinya cukup banyak, ada Ijen View Hotel dan Palm Hotel yang bintang tiga. Hotel berbintang sudah lama ada dan hotel melati juga ada banyak.

KompasTravel selama di Bondowoso bermalam di Ijen View Hotel & Resort, meski mengusung nama Ijen View, hotel ini sebenarnya justru berada di tengah kota, di lokasi strategis tepatnya di Jalan KIS Mangunsarkoro No.888, Bondowoso.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com