Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangihe Potensial Kembangkan Wisata Bahari

Kompas.com - 07/06/2016, 04:03 WIB

SANGIHE, KOMPAS.com - Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana mengatakan, Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat cocok untuk mengembangkan wisata bahari.

"Sebagai daerah kepulauan, Kabupaten Sangihe sangat cocok bila dikembangkan wisata bahari," kata Jabes Gaghana, di Tahuna, Senin (6/6/2016).

Menurut dia, potensi laut yang ada di wilayah Kepulauan Sangihe sangat baik bila dikelola dengan baik.

Ia mencontohkan wisata laut yang saat ini menjadi daya tarik Sangihe adalah gunung api bawah laut di Pulau Mahangetang.

"Gunung api di Pulau Mahangetang sangat terkenal karena berada di dalam laut. Ini juga menjadi salah satu wisata andalan Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata dia.

Selain gunung api Mahangetang, Kabupaten Kepulauan Sangihe juga memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan seperti pasir putih yang tersebar di beberapa pulau yang ada di Sangihe.

"Teluk Tahuna juga sangat baik bila dijadikan lokasi wisata bahari untuk kegiatan jet ski," kata dia.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pertunjukan tari tradisional memeriahkan Pekan Budaya Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Senin (26/1/2015). Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berbatasan langsung dengan Filipina menetapkan tahun 2015 sebagai Tahun Wisata yang bertajuk TuMore Sangihe dengan andalan wisata seperti air terjun, menyelam (diving), pantai, pegunungan, kuliner, dan pentas budaya Sangihe.
Wabup berharap instansi teknis dalam hal ini Dinas Pariwisata dapat mengembangkan potensi laut yang ada menjadi sumber penghasilan melalui kegiatan pariwisata.

Kadis Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jefri Tilaar menyatakan akan memperjuangkan agar wisata laut menjadi salah satu obyek wisata yang menarik di Sangihe.

"Sebagai instansi teknis, kami akan mengusulkan agar Teluk Tahuna bisa dijadikan wisata bahari mendukung program pembangunan dermaga apung yang sudah dimanfaatkan warga, sebagai tempat rekreasi," kata Jefri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com