Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah "Diving" Saat Menstruasi?

Kompas.com - 20/06/2016, 09:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Ada kalanya siklus menstruasi mempengaruhi aktivitas seorang perempuan. Terutama bagi perempuan yang aktif melakukan kegiatan olahraga.

Sebagian besar perempuan menghindari olahraga saat menstruasi, khususnya olahraga air. Namun apa benar saat menstruasi tak dapat melakukan diving atau olahraga selam?

"Belum ada peraturan. Ada yang menyebutkan boleh karena tekanan di dalam air membuat darah tidak keluar, juga ada penggunaan tampon dan lain-lain untuk pencegahan," ujar Edy Prasetyo, penyelam khusus dokumentasi bawah laut yang diwawancara oleh KompasTravel pada Ekspedisi Saireri, bersama WWF Indonesia di Biak, Jumat (17/6/2016).

"Namun begitu lebih baik disarankan tidak, karena saat datang bulan kondisi tubuh pasti lebih mudah lelah, dan berpengaruh pada suasana hati juga," tambahnya.

Edy yang pernah diving dengan beberapa rekan perempuan yang sedang mengalami menstruasi, mengatakan ada beberapa rekannya yang memang terpengaruh dengan siklus bulanan tersebut.

"Ada yang lebih mudah marah, ada yang mudah panik, tapi ada juga yang biasa. Kembali ke masing-masing, jika kondisi fisik dan psikis stabil, bisa saja," ungkap Edy.

Senada dengan Edy, Evi Nurul Ihsan, Monitoring and Surveilance Officer Sumber Daya Laut dari WWF Indonesia juga mengatakan, "Sejauh ini belum ada peraturan baku. Semua tergantung penyelam mau mengambil resiko atau tidak," ungkap Evi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com