Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aplikasi "Smartphone" untuk Turis Muslim

Kompas.com - 23/06/2016, 06:22 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alangkah baiknya wisatawan Muslim tidak meninggalkan ibadah saat jalan-jalan. Berikut 3 aplikasi smartphone yang akan berguna untuk Anda.

Wisatawan Muslim punya kebutuhan sendiri saat traveling. Mulai dari makanan halal, salat lima waktu, serta sahur dan buka puasa ketika Ramadhan. 

Beruntung, kini ada beberapa aplikasi smartphone untuk memudahkan traveler Muslim dalam bepergian. Dihimpun KompasTravel, Rabu (22/6/2016), berikut daftarnya:

1. Muslim Pro

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi paling komprehensif untuk traveler Muslim. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, dan mencakup berbagai fitur mulai dari kiblat sampai Al Quran.

Fitur kiblat dalam Muslim Pro memudahkan Anda untuk menentukan arah salat. Anda juga bisa mencari restoran halal yang ada di sekitar lokasi Anda saat ini. Selain restoran, ada pula mesin pencari masjid terdekat.

Sambil menunggu bus atau transit pesawat, Anda bisa sambil membaca Al Quran atau doa-doa. Mulai dari doa naik pesawat, sampai doa masuk kamar mandi/toilet. Ada juga daftar Asmaul Husna, fitur tasbih, dan kalkulator zakat.

Fitur Ramadhan dalam Muslim Pro mencakup waktu imsyak, subuh, dan maghrib serta waktu-waktu salat lima waktu. Anda juga bisa mengirimkan kartu Ramadan kepada teman atau kerabat.

2. HalalTrip

Aplikasi lainnya yang berguna untuk turis Muslim adalah HalalTrip. Lewat HalalTrip, Anda bisa memesan paket liburan Muslim dengan beragam pilihan destinasi. Misal, paket satu minggu ke Jordania dengan harga mulai 233 dollar Singapura per orang. Semua paket liburan ini berbasis dan berangkat dari Singapura.

Aplikasi ini juga punya panduan untuk turis Muslim yang mengunjungi Australia, Jeju Island, juga tentunya Indonesia.

Fitur "Halal Food Spotter" memudahkan Anda untuk mencari restoran halal di sekitar Anda. Ada pula "Attraction Spotter" yang mendata tempat wisata apa aja yang ada di sekitar Anda.

Lewat HalalTrip, Anda juga bisa menghitung waktu beribadah saat sedang dalam perjalanan pesawat. Salah satu yang paling menarik adalah fitur "Travel Etiquettes" yang berisi doa-doa salat istikharah dan niat sebelum melakukan perjalanan.

3. Muslim Mate

Aplikasi Muslim Mate tak hanya berguna pada bulan Ramadhan, tapi juga waktu-waktu lainnya sepanjang tahun. Aplikasi ini punya daftar peristiwa besar dalam agama Islam, mulai dari bulan Ramadhan sampai Lailatur Qadar.

Lewat fitur "Ramadan Timings", wisatawan bisa mengetahui waktu imsyak hingga maghrib secara detail setiap hari. Ada pula fitur "Zakat Calculator" serta Asmaul Husna, serta Islamic Calendar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com