Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lewat Pekalongan, Banyak Tempat Wisatanya!

Kompas.com - 26/06/2016, 07:40 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mudik ke arah timur Jawa dan melewati Pekalongan, tak ada salahnya mampir dan mengunjungi beberapa destinasi. Dari alam sampai kuliner, berikut daftarnya.

Bicara soal kota destinasi wisata di Jawa Tengah, yang terlintas di benak turis pasti Semarang atau Solo. Padahal, Pekalongan juga tak kalah kaya aspek wisata. Kota yang terkenal oleh kain batik ini punya beberapa spot wisata alam serta kuliner yang menggugah selera.

KompasTravel menghimpun beberapa destinasi wisata alam dan kuliner di Pekalongan. Jika lewat kota ini sebelum hari Lebaran, Anda bisa menjadikan beberapa tempat wisata kuliner untuk menu berbuka puasa.

WISATA

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana adalah destinasi wisata alam favorit di Pekalongan. Letaknya berbatasan dengan Tempt Pelelangan Ikan, atau Pelabuhan Perikanan Nusantara. Tak hanya pantai, wisatawan juga bisa menikmati aneka fasilitas seperti taman bermain, becak air, panggung terbuka, serta Krematorium dan tambak ikan.

Selain bermain dan menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para nelayan. Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing di tengah laut. Pantai ini buka pukul 06.00-21.00 WIB. 

2. Museum Batik

Pekalongan terkenal oleh kain batiknya. Oleh karena itu, tak afdol berkunjung ke kota ini tanpa mengunjungi Museum Batik.

Josephus Primus Museum Batik Pekalongan menjadi salah satu ikon Kota Pekalongan. Museum yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Juli 2006 ini menempati bekas Gedung Balai Kota Pekalongan di Jalan Jetayu nomor 1, Kota Pekalongan. Fasilitas yang dimiliki museum ini terdiri dari ruang koleksi batik, ruang perpustakaan, kedai batik, ruang workshop batik, ruang pertemuan, dan ruang konsultasi atau pelayanan hak kekayaan intelektual (HKI).
Museum ini memiliki 1.149 koleksi batik, terdiri dari berbagai motif dan usia. Ada Wayang Beber yang terbuat dari kain batik berusia ratusan tahun. Anda juga bisa melihat alat tenun tradisional dan cara penggunaannya. 

Museum ini terletak di Jalan Jatayu No 3, Pekalongan Utara dan buka mulai 08.00-15.00 WIB.

3. Kampung Batik Kauman

Masih bertema batik, tak ada salahnya Anda mampir ke Kampung Batik Kauman yang merupakan sentra kerajinan kain batik. Kampung ini terletak di pusat Kota Pekalongan, tepatnya sebelah utara Alun-alun.

Ini adalah salah satu desa wisata batik yang dipilih secara nasional. Selain melihat langsung pembuatan batik secara tradisional, Anda juga bisa mencoba membuat batik serta membeli langsung dari orang lokal. Anda juga bisa belanja mulai dari baju, kemeja, tas, dan lain-lain dari bahan batik.

KULINER

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com