Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Liang Kamoi, Daya Tarik yang Masih Tersembunyi di Buton

Kompas.com - 26/06/2016, 09:56 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com - Udara sejuk dan dingin begitu terasa ketika hendak memasuki sebuah goa yang terletak di Kelurahan Wangkangka, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Di dalam goa ini, tidaklah gelap gulita melainkan terang benderang. Bagian tengah goa agak luas dan terdapat beberapa pohon besar tumbuh diatas bebatuan. Bagian tengah goa terbuka sehingga sinar matahari.

Di sekeliling dinding goa terdapat beberapa liang besar dan mempunyai bentuk yang unik.

“Masyarakat sini menyebut goa ini dengan sebutan Goa Liang Kamoi. Biasanya kalau ada yang lewat di sini langsung singgah lihat-lihat,“ kata seorang warga sekitar, Wayati (46), Sabtu (25/6/2016).

Di dalam goa terdapat dua liang yang besar, dan di dalam liang terdapat tetesan air yang keluar secara perlahan-lahan dari balik batu. Sementara itu, terdapat beberapa stalaktit yang menghiasi langit-langit Liang yang besar.

Selain itu juga terdapat beberapa stalakmit yang tumbuh dari atas bebatuan seakan-akan menyambut datangnya tetesan air dari atas.

“Saya tidak tahu apakah dahulu goa ini punya sejarah atau tidak. Goa seperti punya daya tarik untuk dilihat walaupun hanya sebentar saja,” tuturnya.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Pohon besar yang hidup di tengah Goa Liang Kamoi di Kelurahan Wangkangka, Kecamatan Kapuntori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.
Lokasi Goa Liang ini tepatnya berada di pinggir jalan raya, sehingga para pengunjung yang lewat di jalan tersebut biasanya langsung singgah hanya untuk melihat goa tersebut.

Selain itu, bagian depan goa terdapat lembah persawahan milik penduduk.

“Dari atas sini pemandangan ke bawah bagus. Biasanya sore-sore banyak anak muda nongkrong di depan goa hanya untuk menikmati pematangan sawah dari jauh,” ujar Wayati.

Goa ini masih alami dan belum ditata dengan baik, sehingga untuk masuk ke dalam goa belum diberlakukan biaya tiket masuk. Untuk menuju ke goa ini, jaraknya hanya sekitar dua jam dari Kota Baubau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com