Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencuci Loko, Ritus Museum KA Ambarawa Sambut Libur Lebaran

Kompas.com - 29/06/2016, 11:17 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Salah satu lokomotif uap yang masih beroperasi di Museum Kereta Api (KA) Ambarawa, loko seri B5112, Selasa (28/6/2016) sore dicuci. Pencucian lokomotif peninggalan Belanda ini merupakan sebuah ritual tahunan yang dilakukan setiap menjelang libur lebaran.

Menariknya, kegiatan cuci lokomotif tersebut melibatkan belasan anggota Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE), yakni salah satu komunitas pecinta dan pelestari kereta api di Jawa Tengah.

"Ini pengalaman kami yang pertama kali bisa teribat dalam kegiatan cuci lokomotif yang biasa dilaksanakan PT KAI menjelang musim libur Lebaran. Tentu ini sangat menyenangkan," ungkap Ketua KRDE Semarang Bambang Sumitro.

Kompas.com/ Syahrul Munir Komunitas Railfans Daop Empat tengah melakukan pencucian lokomotif seri B5112 di Museum Kereta Api Ambarawa, Selasa (28/6/2016) siang. Lokomotif seri B5112 merupakan salah satu koleksi lokomotif jenis uap yang akan dioperasikan selama libur lebaran 2016.
Sebelum dibersihkan, badan loko berwarna hitam legam itu disiram dengan air. Setelah dibasahi air, baru kemudian loko digosok dengan spon lembut yang diolesi cairan pembersih. Meski dianggap ritus, tak ada bunga atau sesaji dalam kegiatan ini.

Menurut Manajer Museum KA Ambarawa, Sapto Hartoyo, loko seri B5112 merupakan satu dari tiga lokomotif jenis uap yang masih dioperasikan melayani wisatawan di Museum KA Ambarawa.

"Loko yang dicuci hanya satu, loko yang selama ini untuk perjalanan reguler ataupun sewa. Sedangkan gerbong tidak ikut dicuci, karena selalu dalam pemeliharaan dan terus ada pembersihan didepo," kata Sapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com