Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Sertifikat, Pasangan India Diduga Memalsukan Foto Pendakian Everest

Kompas.com - 05/07/2016, 13:30 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KATHMANDU, KOMPAS.COM – Dinesh Rathod dan istrinya Tarakeshwari Mei adalah pasangan pendaki asal Pune, Provinsi Maharashtra, India. Mereka mendaki Gunung Everest, Nepal pada Mei 2016 lalu.

Keduanya mengaku bahwa merekalah pasangan India pertama yang mencapai puncak Gunung Everest. Mereka pun memberikan bukti foto kepada kantor pendakian Everest demi mendapat sertifikat. Namun, pihak kantor pendakian menemukan kejanggalan pada foto tersebut.

Mengutip Lonely Planet, Selasa (5/7/2016), Dinesh Rathod dan istrinya diduga mengedit foto tersebut agar tampak seperti berada di puncak tertinggi Pegunungan Himalaya itu.

Hal tersebut diketahui dari postingan Facebook seorang pendaki India lainnya, Satyartup Siddhanta. Pendaki asal Bangalore itu geram karena fotonya diedit oleh Dinesh dan istrinya.

Beberapa pendaki lain yang mencapai puncak di saat bersamaan mengatakan, tidak pernah melihat Dinesh ataupun istrinya. Jika benar pasangan itu memalsukan foto, mereka akan diganjar larangan pendakian untuk semua gunung di Nepal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com