Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Air di Bogor, Ini Rekomendasi 5 Lokasi Air Terjun

Kompas.com - 11/07/2016, 15:13 WIB

PADATNYA arus lalu lintas di beberapa wilayah, terutama yang menjadi destinasi wisata, menjadi halang rintang tersendiri bagi Anda yang berniat untuk liburan.

Tak perlu bingung untuk menikmati libur panjang pekan ini, ada lima tempat wisata air anti mainstream yang terdapat di beberapa wilayah Kabupaten Bogor.

TribunnewsBogor.com merangkum lima tempat wisata air terjun atau akrab disebut curug, yang ada di tiga wilayah Bogor.

1. Curug Barong

Pertama mari mulai dari wilayah sebelah timur Kabupaten Bogor yakni, Curug Barong.
Lokasinya ada di Kampung Wangun, Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Sekitar satu jam perjalanan dari Jakarta. Curug Barong memiliki tekstur bebatuan yang unik. Air terjun yang tidak terlalu tinggi, serta kualitas air yang masih teramat jernih, membuat orang rela untuk berjalan kaki untuk sampai ke curug ini.

Memang, lokasi dari hulu sungai Ciliwung ini perlu ditempuh dengan berjalan kaki, tetapi tidak terlalu jauh. Bebatuan yang menjadi dasar dari kolam alami ini, dijamin bisa merelaksasi tubuh yang lelah bekerja.

2. Curug Leuwi Hejo

Masih di tempat yang sama, tetapi berbeda titik lokasi, di wilayah ini pula ada Curug Leuwi Hejo. Tak kalah dengan Curug Barong, air terjun yang masih dialiri oleh sungai yang sama, menyuguhkan wisata yang air yang sangat mengasyikan.

Bebatuan berukuran besar, serta kedalaman air yang cukup, membuat wisatawan bisa menikmati berenang sambil meloncat dari batu tersebut.

3. Leuwi Lieuk

Jika Anda ingin mencoba berenang di sela-sela tebing dan memiliki tenaga yang cukup untuk berjalan kaki, di tempat yang sama juga terdapat Curug Leuwi Lieuk.

Kali ini, mata wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang jauh berbeda dari dua curug sebelumnya. Curug ini, diapit oleh tebing tinggi yang mengapit aliran sungai jernih berwarna hijau.

Namun hati-hati, suhu air di curug ini cukup dingin. Untuk mencapai lokasi dari tiga curug ini terbilang mudah.

Jika dari arah Jakarta, keluar di pintu tol Sentul Selatan, mengarah ke Perumahan Sentul City hingga ke Simpang Jungle Land. Lalu belok ke kanan, ke arah Kecamatan Sukamakmur. Waktu yang ditempuh dari simpangan itu sekitar 30 menit perjalanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com