Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Sabet Empat Penghargaan dari Skytrax

Kompas.com - 13/07/2016, 16:21 WIB
Indra Akuntono

Penulis

FARNBOROUGH, KOMPAS.com - AirAsia mendapat empat penghargaan World Airline Awards dari Skytrax. Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan dalam Farnborough International Airshow, di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7/2016).

Penghargaan sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik dunia dan maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik Asia diperoleh AirAsia. Sedangkan dua penghargaan lainnya menjadi milik AirAsia X untuk kategori kabin kelas premium maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik dunia dan kursi premium maskapai penerbangan berbiaya hemat.

Tahun ini merupakan kali kedelapan AirAsia mendapatkan penghargaan sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik dunia secara berturut-turut.

“Rasanya luar biasa, belum pernah ada maskapai di dunia yang memenangkan penghargaan ini sampai delapan kali. Ini hari yang membanggakan bagi saya dan menunjukkan bahwa hemat biaya bukan berarti tidak berkualitas," ucap Tony, seusai menerima penghargaan tersebut.

Sedangkan penghargaan untuk kategori kabin kelas premium maskapai penerbangan berbiaya hemat serta kursi premium maskapai penerbangan berbiaya hemat menjadi milik AirAsia X selama empat tahun terakhir.

AirAsia X merupakan maskapai penerbangan berbiaya hemat pertama di dunia yang memperkenalkan kursi flatbed, berspesifikasi standar kelas bisnis dengan lebar 20 inchi, dengan sandaran kaki sepanjang 60 inchi dan dapat direntangkan hingga sepanjang 77 inchi dalam posisi bersandar penuh.

Kursi premium flatbed AirAsia X dilengkapi dengan stop kontak universal, sandaran kepala yang dapat direbahkan, serta rangkaian fasilitas pribadi seperti meja lipat, tempat meletakkan gelas, lampu baca, dan sekat pembatas kursi.

Pelanggan yang memesan kursi premium flatbed juga dapat menikmati pelayanan premium lainnya, mulai dari layanan prioritas untuk check-in, boarding, penanganan bagasi, kapasitas bagasi hingga 40 kilogram, makanan selama penerbangan, serta bantal dan selimut.

AirAsia Caption: (kiri ke kanan) CEO AirAsia Berhad, Aireen Omar, CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, Presiden & CEO Airbus, Fabrice Bregiér, dan COO Airbus - Customers, John Leahy dalam konferensi pers peresmian pemesanan 100 unit pesawat Airbus A321neo di Farnborough Airshow, Selasa (12/7/2016), Farnborough, Inggris.
"Penghargaan ini menunjukkan bahwa pelayanan kelas premium kami adalah yang terbaik, dan setara dengan layanan maskapai full-service," ucap CEO Grup AirAsia X, Kamarudin Meranun.

Penghargaan Skytrax telah menjadi acuan standar global dalam menilai keunggulan maskapai. Penilaian tersebut dilakukan melalui survei yang diikuti oleh lebih dari 19 juta pelanggan di seluruh dunia, dan mengukur 41 kriteria penting dari performa produk maupun layanan maskapai.  

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes dan Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Ridzeki Tresno Wibowo hadir untuk menerima penghargaan, beserta para CEO dari maskapai afiliasi Grup AirAsia lainnya.

Pada kesempatan kali ini, AirAsia juga menghadirkan Airbus A320 dengan desain livery Skytrax, khusus untuk memperingati kemenangan kedelapan kali berturut-turut dalam kategori maskapai berbiaya hemat terbaik dunia.  

AirAsia adalah maskapai berbiaya hemat terbesar di Asia berdasarkan jumlah penumpang dan armada pesawat. Maskapai yang berafilisasi di dalamnya untuk penerbangan jarak pendek terdiri dari AirAsia Berhad (dengan kode penerbangan AK), AirAsia Indonesia (QZ), Thai AirAsia (FD), Philippines AirAsia (Z2) dan AirAsia India (I5), serta afiliasi untuk penerbangan jarak jauh, yaitu AirAsia X (D7), Thai AirAsia X (XJ) dan Indonesia AirAsia X (XT).  

Grup AirAsia beroperasi dengan mengandalkan armada pesawat Airbus A320 dengan rata-rata usia pesawat 3 tahun. Saat ini, Grup AirAsia telah memesan lebih dari 300 unit Airbus A320neo dengan pengiriman bertahap hingga 2028.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com