Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sunblock" SPF Berapa yang Cocok Dibawa Liburan?

Kompas.com - 14/07/2016, 08:05 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesehatan kulit harus tetap diperhatikan saat Anda berlibur. Gunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Sunblock yang dijual di pasaran dilengkapi SPF (Sunburn Protection Factor) yang memiliki beberapa tingkatn. Mulai dari SPF 15, SPF 25 sampai SPF 110. Tingkatan SPF berpengaruh pada seberapa lama produk tersebut bisa melindungi Anda.

Apabila kulit Anda bisa terbakar dalam waktu 10 menit, maka sunblock dengan SPF 15 dapat melindungi kulit Anda selama 15 kali atau setara 150 menit. Namun bukan berarti semakin tinggi SPF, maka Anda mendapat perlindungan 100 persen.

Daya perlindungan tiap tingkat SPF tidak jauh berbeda. Sunblock SPF 15 misalnya, mampu melindungi kulit Anda sebanyak 93 persen.

Sunblock dengan SPF 30 melindungi kulit Anda hingga 97 persen. SPF 50 mampu melindungi kulit sebesar 98 persen. Itulah angka maksimal perlindungan kulit dari sunblock. Intinya, tidak ada sunblock yang dapat melindungi kulit hingga 100 persen.

Oleh karena itulah, Anda harus tetap mengoleskan sunblock setiap satu jam beraktivitas. Mengutip situs Live Science, Kamis (14/7/2016), kadar perlindungan dari sunblock tetap akan berkurang meski menggunakan jenis water resistant.

Sunblock SPF 50 dalam bentuk krim adalah jenis terbaik untuk dibawa traveling. Jika Anda pergi ke daerah yang dingin, tak apa membawa sunblock SPF 25 sampai SPF 50. Anda bisa membeli sunblock bentuk krim tersebut dalam berbagai ukuran.

Namun jangan lupa perhatikan di bagian tubuh mana sunblock tersebut harus dipakai. Sunblock untuk wajah bisa digunakan juga untuk seluruh tubuh. Namun sunblock untuk tubuh sebaiknya tidak digunakan untuk wajah, karena teksturnya lebih berminyak.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com