Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Maskapai Terbaik di Asia, Garuda Peringkat Berapa?

Kompas.com - 15/07/2016, 15:31 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Skytrax sebagai lembaga independen yang berbasis di London, tiap tahunnya melakukan survei untuk menentukan elemen perjalanan udara terbaik. Tahun 2016 ini pengumuman maskapai terbaik dalam berbagai kategori sudah diumumkan di Farnborough International Airshow, Inggris (Selasa 12/7/2016).

Penghargaan inilah yang menjadi tolak ukur global mengenai kualitas maskapai dan merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi dalam industri maskapai.

Untuk kawasan Asia, terpilih sepuluh maskapai terbaik yang dinilai dari rangking maskapai ini secara global atau dunia. Berikut sepuluh maskapai penerbangan terbaik di Asia dari urutan teratas:

1. Singapore Airlines

Maskapai dari Singapura ini didaulat sebagai maskapai penerbangan terbaik yang ada di Asia. Berdiri sejak tahun 1972, Singapore Airlines saat ini terbang ke 90 kota di 40 negara. Selain keluar sebagai jawara maskapai penerbangan se-Asia, Singapore Airlines juga menyabet Best Business Class Airline Seat atau tempat duduk terbaik di kelas bisnis.

2. Catchay Pacific

Catchay Pacific adalah maskapai iternasional yang berbasis di Hongkong. Tahun ini Catchay Pacific mendapat dua penghargaan yakni World's Best Airline Cabin Cleanliness atau kabin pesawat paling bersih di dunia dan Best First Class Airline Lounge atau lounge untuk kelas utama terbaik.

3. ANA All Nippon Airways

ANA berdiri tahun 1952, berbasis di Tokyo Jepang. Profesionalisme pekerja Jepang yang tersohor dibuktikan oleh ANA dengan menerima penghargaan World's Best Airport Services atau pelayanan bandara terbaik di dunia dan Best Airline Staff Sercvice in Asia atau staf maskapai terbaik di Asia.

4. EVA Air

Berbasis di Taiwan, tahun ini Eva Air menyabet Best Airline Transpacific atau maskapai terbaik dengan rute Asia-Australia dan Amerika Utara-Amerika Selatan. Tak kalah unik, tahun ini Eva Air juga mendapat penghargaan Best Business Class Comfort Amenities atau pernak pernik yang memberi kenyamanan terbaik di kelas bisnis. Contohnya bantal yang empuk, selimut yang hangat, handuk dingin atau panas, piyama, sampai produk untuk mandi.

5. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia ini mendapat penghargaan World's Best Cabin atau awak kabin terbaik di dunia. Selama tiga tahun berturut-turut Garuda Indonesia menyabet gelar bergengsi ini.

6. Hainan Airlines

Nama Hainan Airlines diambil dari Povinsi Hainan di China. Hainan adalah maskpai terbaik di negaranya, terbukti dengan penghargaan yang baru saja diterima yakni Best Airline in China atau maskapai penerbangan terbaik di China dan Best Airline Staff Service di China atau pelayanan staf terbaik di China.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com