Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Belitung, Jangan Lupa Mampir ke Bangka

Kompas.com - 16/07/2016, 14:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini banyak wisatawan yang memilih berwisata di Pulau Belitung ketimbang di Pulau Bangka. Padahal kedua pulau ini berdekatan dan sama-sama masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajuddin mengatakan jika sejauh ini mayoritas wisatawan lebih banyak berkunjung ke Pulau Belitung ketimbang Pulau Bangka.

"Komposisi wisatawan memang lebih banyak di Belitung, sekitar 60 persen wisatawan di Belitung. Baru 40 persennya ke Bangka," ungkap KA Tajuddin saat acara jumpa pers Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Menurut Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Pulau Belitung lebih populer daripada Pulau Bangka sebab 90 persen lokasi shooting film Laskar Pelangi diambil di Pulau Belitung, bukan di Pulau Bangka. Maka tak heran sejak Laskar Pelangi diluncurkan tahun 2008, pariwisata Pulau Belitung lebih booming dibandingkan Pulau Bangka.

KA Tajuddin menyebutkan pada tahun 2015, jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 600.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara mencapai 6.000 orang.  

KOMPAS/NAWA TUNGGAL Wisma Ranggam, Muntok, Pulau Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, tempat presiden pertama RI, Soekarno, diasingkan pada 1949 oleh Belanda. Demikian kondisi terakhir rumah pengasingan tersebut pada Selasa (21/4/2015).

"Sebenarnya sudah ada penerbangan yang terkoneksi langsung setiap hari dari Belitung ke Bangka. Ada Sriwijaya, Garuda Indonesia, dan Wings, kapal laut juga ada," ujar KA Tajuddin.

(Baca:Akhir Juli, Bangka Belitung Gelar Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara)

Jika Belitung terkenal dengan pantainya yang indah seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas, dan masih banyak lainnya, sebenarnya Pulau Bangka juga memiliiki pilihan wisata yang beragam. Mulai dari pantai, museum, sampai tempat ibadah di bibir pantai ada di Bangka.

"Bisa ke Pantai Matras, Pagoda Kuil Kwan Im, Pulau Ketawai, tempat pengungsian Bung Karno di Menumbing, Hutan Pelawan, dan Pulau Putri, itu semua ada di Bangka dan masih kurang diekspos," kata Rustam.

Akhir Juli, tepatnya tanggal 20-26 Juli 2016, Provinsi Bangka Belitung siap menggelar Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016. Dengan tajuk "Babel Menari, Babel Mendunia", di Alun Alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang.

Dalam festival tersebut akan ditampilkan Festival Seni Tradisi Bangka Belitung, Seleksi Tari Serumpun Sebalai dan Festival Tari Nusantara yang juga melibatkan 16 provinsi lain di tanah air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com